Minggu, 2 Mei 2021 19:53

5 Hal yang Ditakuti Kucing, Pemilik Harus Pahami Ini

Reporter : Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin
Ilustrasi kucing ketakutan.
Ilustrasi kucing ketakutan. [mariehulett.blogspot.com]

Limawaktu.id – Kucing adalah hewan piaraan yang sensitif. Sensitivitas ini meliputi indera penciuman, indera pendengaran dan rangsangan tertentu. Untuk yang terakhir, kucing bisa merasa takut dan bahkan dibuat stres dengan beberapa bentuk rangsangan.

Berikut ini lima hal yang bisa membuat kucing takut dan stres, disarikan dari Times of India.

1.    Suara Keras

Segala macam suara keras yang mengagetkan dapat membuat kucing takut, gemetar dan sembunyi. Jika dia ketakutan, segera amankan si kucing ke tempat yang lebih sunyi dan jangan mencoba menghiburnya. Jika sedang musim badai, konsultasikan dengan dokter hewan mengenai obat anti-kecemasan untuk keadaan darurat.

2.    Bau yang Menyengat

Kucing tidak menyukai bau yang menyengat, seperti bumbu masakan tertentu, buah-buahan, dan bahkan parfum yang digunakan terlalu banyak Hindari menyemprotkan parfum atau pengharum ruangan semprot ke tempat tidur atau kotak kotoran kucing. Jika Anda berencana untuk mengecat rumah, disarankan untuk memindahkan si kucing ke tempat penitipan atau di tempat teman selama beberapa hari sampai baunya mereda.

3.    Bahan Kimia Pembersih

Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam bahan pembersih dan aerosol dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan. Gunakan pembersih ramah hewan peliharaan tanpa pewangi atau organik untuk membersihkan tempat kotoran kucing.

4.    Kucing dan Anjing Lain

Seperti di kartun Tom and Jerry, kucing cenderung takut pada anjing dan kerap bermusuhan dengan kucing-kucing lain yang ada di wilayahnya. Tingkat stres yang tinggi bahkan bisa membuat kucing saling menyerang. Berikan mereka lingkungan yang aman di mana mereka dapat hidup dan menjelajah tanpa rasa takut.

5.    Suasana Lingkungan Baru

Sedikit perubahan suasana lingkungan bagi manusia mungkin bukan masalah, tapi merupakan hal yang mengganggu bagi kucing. Kehadiran hewan, orang atau perabotan baru di rumah dapat membuat kucing takut dan stres. Inilah sebabnya mengapa kucing cenderung menghindar jika bertemu dengan orang baru. Stres ini bisa memicu muntah, diare, kecemasan, atau kehilangan nafsu makan.

Baca Lainnya