Sabtu, 6 Januari 2018 11:09

Viral Video Mesum Anjal Bersama Wanita Dewasa, Begini Tanggapan Psikolog

Reporter : Fery Bangkit 
Illustrasi.
Illustrasi. [Net]

Limawaktu.id – Akhir-akhir ini, dunia maya dihebohkan munculnya Video Mesum yang melibatkan Anak dibawah umur dengan wanita dewasa. Diduga, anak tersebut merupakan anak Jalanan yang berusia dibawah 11 tahun.

Perekaman video tak bermoral antara bocah lelaki dan perempuan dewasa tersebut diduga direkam di kamar hotel. Polisi menyebutkan, ada dua hotel di Kota Bandung yang dijadikan tempat pembuatan video tak bermoral tersebut.

Menurut Psikolog Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Cimahi, dr. Miryam Aryadne, video mesum yang melibatkan bocah dengan orang dewasa merupakan kasus penyimpangan seksual.

“Apalagi ini sifatnya seperti direncanakan untuk tujuan tertentu. Anak di sini menjadi korban, apalagi melakukan atas ancaman dan tujuan tertentu,” ujarnya ketika dihubungi via pesan singkat, Sabtu (6/1/2017).

Dikatakan Miryam, setelah dilibatkan dalam sebuah adegan tak senonok, maka akan berdampak langsung terhadap psikologis anak. Lebih bahayanya lagi, kata dia, korban akan memiliki kecenderungan menjadi pelaku dikemudian hari.

“Dari mulai akan terangsang seksual aktif secara fisik, sampai pada psikologis. Bahayanya, mereka akan lakukan dengan anak lainnya,” jelas Miryam.

Atas kejadian tersebut, Miryam mendorong aparat penegak hukum membuat program edukasi bagi masyarakat tentang mengenali ciri pelaku amoral yang biasanya terselubung. Selain itu, penegak hukum harus sigap atas kasus yang terjadi, serta melakukan pemantauan terhadap media sosial.

Ia juga menginatkan para orang tua untuk terus menanamkan Pendidikan agama. Tujuannya, agar si anak memiliki akhlak dan etika serta nilai-nilai dalam diri anak. Menjadi teman bagi anak pun dirasa sangat penting.

Orang tua juga edukasi media social dan Pendidikan sex sejak dini, agar anak memahami konsep halal dan haram,” imbuh Miryam. (kit) 

 

Baca Lainnya