Sabtu, 20 Januari 2018 22:18

Ridwan Kamil Cerita Soal Pendopo, Dulu dan Sekarang

Reporter : Yulie Kusnawati
Pendopo Kota Bandung.
Pendopo Kota Bandung. [Net]

Limawaktu.id, - Ridwan Kamil mengakui banyak sekali suka duka tinggal di pendopo bersama keluarga. Pendopo, bangunan heritage ini, kata Emil, sudah sangat indah secara lanskap, meskipun dulu kurang terurus. Namun, sekarang dari arah depan sampai belakang sudah direnovasi dan taman-taman sudah dibangun'sehingga terlihat lebih asri.

"Dulu jalur belakang, hanya untuk mobil lewat. Di sana  saya buat taman yang ada kolam airnya. Kalau dulu orang hilir mudik tidak ada zona, sekarang diatur lebih tertib, misalnya zona tamu sebelah barat, sedangkan zona kedinasan sebelah timur," kata Emil saat diwawancara, Sabtu (20/1/2018).

Tak hanya itu, lanjut Emil, suasana pendopo juga menjadi lebih hidup, kupu-kupu mulai berdatangan, padahal dulu nggak ada. Pendopo juga sering dipakai untuk kegiatan budaya dan agama. "Pendopo kini lebih open untuk masyarakat," ujarnya sambil tersenyum.

Kini, semua kenangan dan karya-karya indahnya di pendopo itu segera ditinggalkan. Namun Emil mengakui sudah sejak dulu melatih keluarganya bahwa jabatan itu hanya titipan dan sifatnya sementara. "Betah mah secukupnya, karena hidup ini perjalanan, bukan destinasi. Itu cara saya melatih saya dan keluarga supaya tidak ada post power syndrom," pungkasnya. (lie)