Minggu, 24 September 2017 20:25

Nobar Film G 30 S/PKI Pelajaran Sejarah Kelam Bangsa

Perspektif Pemutaran Film G30S PKI
Ratusan santri Pondok Pesantren (Ponpes) Al Falah II, nonton bareng film pengkhianatan G-30 S/PKI
Ratusan santri Pondok Pesantren (Ponpes) Al Falah II, nonton bareng film pengkhianatan G-30 S/PKI [limawaktu dok]

Limawaktu.id,- Ratusan santri Pondok Pesantren (Ponpes) Al Falah II, nonton bareng film pengkhianatan G-30 S/PKI yang dilaksanakan di aula Ponpes AlFalah II, di Desa Nagrek Kecamatan Nagrek Kabupaten Bandung, Sabtu (23/9).

Selain 830 santri, Film tersebut pun ditonton langsung oleh Pimpinan Ponpes Al Falah II, Muspika Kecamatan Nagrek, Para Guru Pembina dan Pengurus Ponpes Al Falah.

Dandim 0609 Letkol Arh. Andre Wira Kurniawan mengungkapkan, pihaknya mengadakan nonton bareng film 30 S/PKI ini dengan tujuan untuk memberikan pembelajaran dan informasi tentang sejarah Kelam yang pernah dialami oleh bangsa Indonesia.

Menurutnya, pada tahun itu, telah dilakukan ujicoba pemberontakan atau kudeta yang dilakukan oleh PKI untuk menggantikan Ideologi Pancasila menjadi Ideologi Komunis. Dan juga upaya agar PKI tidak boleh muncul lagi di Indonesia dengan menggunakan cara yang lain.

"Ini semua dalam rangka menjaga keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Andre saat memberikan keterangannya, Sabtu (23/9) malam.

Andre juga mengatakan, bukan hanya di Nagrek, film tersebut pun akan di putar di berbagai wilayah, diantaranya di Soreang. Pihaknya, berencana akan memutar film itu bersama para Muspida dan Bupati Bandung di Gedung Sabilulungan pada, Rabu (27/9) sekitar pukul 14.00 WIB.

"Selain di Nagrek, kami akan putar film ini bersama Bupati Bandung di Rabu nanti," pungkasnya. (lie)