Jumat, 5 Oktober 2018 15:55

Jangan Sembarangan Sebar Informasi Dampak Gempa Sesar Lembang, Nanti Warga Panik

Reporter : Fery Bangkit 
ilustrasi
ilustrasi [istimewa]

Limawaktu.id,Cimahi - Peneliti Kebencanaan Geologi dari Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI), Dr. Ir. Igan S. Sutawidjaja menyebutkan, informasi dampak dempa dari pergeseran sesar lembang malah akan membuat warga di Bandung Raya panik.

Menurutnya, langkah yang harus dilakukan pemerintah sekarang ini adalah mempersiapkan masyarakat agar tanggap bencana dan tidak panik ketika bencana Gempa itu terjadi.

"Pemerintah perlu menyiapkan rambu-rambu kebencanaan, seperti jalur evakuasinya kemana, larangan berdiri di dekat gedung, atau bahkan simulasi bencana," kata Igan saat dihubungi via sambungan telepon, Jum'at (5/10/2018).

Saat ini, banyak informasi yang beredar di media sosial atau dalam pemberitaan yang menyebutkan jika pergerakan sesar lembang bisa menghasilkan gempa hingga magnitudo 7 sampai 8 Skala Richter.

"Masyarakat justru dibuat khawatir dengan pemberitaan yang beredar. Memang berpotensi bahaya dan merusak, hanya saja kekuatannya saya kira tidak akan sampai sebesar itu, mungkin di bawah 6 Skala Richter," ujar Igan saat. 

Sementara itu, Badan Penanggalungan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi menyebut wilayah Cimahi Utara merupakan wilayah yang akan paling terdampak apabila terjadi gempa bumi akibat pergeseran sesar lembang.

Kepala BPBD Kota Cimahi, Dani Bastiani, mengatakan, wilayah Cimahi Utara itu merupakan wilayah yang paling berdekatan dengan jalur sesar lembang yang jaraknya mencapai 7 hingga 8 kilometer.

"Untuk Kota Cimahi yang akan paling terdampak apabila terjadi gempa akibat pergeseran sesar lembang itu Cimahi Utara. Tetapi masyarakat jangan khawatir dan intinya harus tetap waspada," ujar bebernya. 

Atas hal tersebut, masyarakat Kota Cimahi diminta untuk mewaspadai potensi gempa Sesar Lembang, tetapi harus memastikan ke ahlinya jika menerima informasi gempa akibat sesar lembang tersebut.

"Pastikan informasinya ke BMKG atau ke Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi apabila menerima informasi tentang gempa sesar lembang," katanya.

Pihaknya menghimbau, masyarakat Kota Cimahi, khususnya yang berada di kawasan Cimahi Utara, agar jangan resah dan khawatir jika mendapat informasi tersebut. 

Baca Lainnya