Kamis, 2 Agustus 2018 15:05

Bongkar Pasang ASN di Cimahi Dimata Pengamat Pemerintahan

Reporter : Fery Bangkit 
Rotasi, Mutasi dan Pelantikan Pejabat Eselon III dan IV di Lingkungan Pemerintah Kota Cimahi beberapa waktu lalu di Melong, Cimahi Selatan.
Rotasi, Mutasi dan Pelantikan Pejabat Eselon III dan IV di Lingkungan Pemerintah Kota Cimahi beberapa waktu lalu di Melong, Cimahi Selatan. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna resmi merombak Ratusan Asapatur Sipil Negara (ASN) di Kota Cimahi baru saja di Lingkungan Pemerintah Kota Cimahi.

Total ada 169 ASN setingkat eselon III dan IV yang mendapat rotasi dan mutasi dari jabatan sebelumnya. Pelantikan sendiri dilaksanakan Senin, 30 Juli 2018.

Pengamat Pemerintahan dan Politik Unjani, Arlan Sidha mengatakan, semua ASN yang dibongkar pasang Wali Kota Cimahi harus cepat beradaptasi dan menjawab tantangan yang ada di masyarakat.

"Artinya, pejabat-pejabat baru harus bisa beradaptasi cepat dengan pekerjaan barunya, sehingga masyarakat merasa ada perbuhana dalam merotasi jabatan baru," ujar Arlan saat dihubungi via pesan singkat, Kamis (2/8/2018).

Arlan menilai, rotasi-mutasi yang dilakukan kali ini merupakan langkah tepat dan sesuai dengan kebutuhan organisasi. Pasalnya beberapa bulan kebelakang banyak jabatan-jabatan yang kosong.

"Jelas jabatan kosong ini akan sangat mengganggu kinerja pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Dikatakan Arlan, rotasi dan mutasi dalam sebuah organisasi pemerintah harus memiliki tujuan untuk mempercepat dan memperbaiki fungsi pemerintah. Terutama pada sektor pelayanan publik, pembangunan dan pemberdayaan.

"Masyarakat pasti berharap ada peningkatan pelayanan ke arah yang lebih baik sesuai dengan SOP pelayanan publik," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Daerah (BPKSDMD) Kota Cimahi, Harjono mengakui, sebelum dilaksanakan rotasi dan mutasi ini, banyak posisi yang kosong.

"Banyak jabatan yang kosong. Ada sekitar 38-40 yang kosong," terangnya.

Dengan pelaksanaan rotasi dan mutasi kemarin, kata Harjono, maka posisi yang tadinya kosong sekarang bisa terpenuhi. Dengan begitu, dia berharap pelayanan terhadap masyarakat bisa lebih optimal.

Baca Lainnya