Selasa, 16 Januari 2018 10:24

Zuhairi: BAMUSI PDIP, Betul-Betul Muslim

Reporter : Jumadi Kusuma
Pelantikan Pengurus BAMUSI Kabupaten Bandung  di Aula Gedung DPC PDIP Baleendah Kabupaten Bandung, Senin (15/1/18).
Pelantikan Pengurus BAMUSI Kabupaten Bandung di Aula Gedung DPC PDIP Baleendah Kabupaten Bandung, Senin (15/1/18). [Limawaktu]

Limawaktu.id - BAMUSI (Baitul Muslimin Indonesia) adalah organisasi sayap PDI Perjuangan yang menjadi rumah bersama kaum muslimin yang tidak mengenal perbedaan mazhab atau golongan, demikian pernyataan Dr. KH. Jalaluddin Rakhmat, M.Sc saat memberikan pembekalan pada acara pelantikan Pengurus BAMUSI Kabupaten Bandung  di Aula Gedung DPC PDIP Baleendah Kabupaten Bandung, Senin (15/1/18).

"Sebagaimana digariskan Allah SWT dalam al-Quran Surah Al-Maidah 69 dan Al-Baqarah 62 yang menegaskan bahwa, "Siapapun atau agama apapun jika dia beriman kepada Allah atau Tuhan, percaya kepada hari akhir dan beramal saleh, bagi mereka pahala di sisi-Nya". Jadi, dalam Islam diakui bahwa apapun agamanya, mau Yahudi, Kristen, Budha, Hindu, Konghucu, Sunda Wiwitan dan lainnya, sepanjang mereka beramal saleh, menyebarkan cinta dan kedamaian, serta memberi manfaat kepada orang banyak, mereka mendapat pahala", jelas Jalaluddin yang juga Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan.

Sementara itu Dr. Zahairi Misrawi, Kabid. Hubungan Antar Agama dan Kepercayaan DPP BAMUSI yang melantik Pengurus BAMUSI Kabupaten Bandung menyebut BAMUSI sebagai Islam yang berperadaban, yang dalam bahasa Al-Quran merupakan Islam yang rahmatan lil alamin.

"BAMUSI adalah Betul-betul muslim, dan itu hanya ada di PDIP sebagai partai nasionalis yang membuktikan nilai-nilai religiusitas bagi para anggotanya", katanya sambil berkelakar.

Menurut Zuhairi, BAMUSI didirikan oleh almarhum Taufiq Kiemas pada 27 Maret 2007 atas saran dari Ketua PB NU Hasyim Muzadi dan Ketua PP Muhammadiyah Dr. Dien Syamsuddin sebagai apresiasi terhadap eksistensi PDI Perjuangan yang mayoritas anggotanya adalah Umat Islam.

Adapun pengurus BAMUSI Kabupaten Bandung periode 2018-2023 yang dilantik sebagai Ketua Umum Ust. Ayi Somantri, Sekretaris Jafar Sambas, Bendahara Komar Hermawan yang dibantu oleh 15 ketua-ketua bidang, dengan mengambil tema Perbedaan Bagi Kami Sudah Selesai, Kita Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa Indonesia.

Pelantikan dihadiri sekira 250 orang, Ketua DPC PDIP Hj. Wewen Winarni beserta jajaran pengurus DPC PDIP Kabupaten Bandung. Sementara itu menurut panitia Rd. Dhiat Sukmana, Calon Gubernur Jawa Barat Tubagus Hasanuddin yang juga Ketua DPD PDIP Jabar urung hadir karena ada panggilan rapat mendadak di Jakarta.