Selasa, 7 November 2017 8:36

Yonif 315/Garuda Siap Jaga Perbatasan RI-PNG

Reporter : Yulie Kusnawati
Yonif 315/Garuda Siap Jaga Perbatasan RI-PNG
Yonif 315/Garuda Siap Jaga Perbatasan RI-PNG [limawaktu]

Limawaktu.id, - Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI YP. Sembiring bersama rombongan dari Mabesad meninjau kesiapan operasi Batalyon Infanteri 315/Garuda yang akan melaksanakan tugas operasi di Mako Yonif 315/Garuda, Bogor, Senin (6/11/2017).

Batalyon Infanteri 315/ Garuda akan melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan Indonesia-Papua Nugini (RI-PNG) dibawah pimpinan Danyonif 315/Garuda Letkol. Inf. Rendra, yang akan diberangkatkan ke daerah operasi pada akhir November 2017 ini.

Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI YP. Sembiring didampingi Danrem 061/SK Kolonel Inf. Mirza Agus, bersama rombongan dari Mabesad, Pabandya Siapsat Sopsad Kolonel Inf. Farouk Pakar, beserta Kabalak Kodam III/Siliwangi, melaksanakan pengecekan langsung kesiapan Prajurit Yonif 315/Garuda, baik kelengkapan personil, materil, dan kesiapan teknis.

Sembiring pun menekankan kepada segenap prajurit, tentang pentingnya kewaspadaan dan kesiapan baik fisik maupun mental. Walaupun siatuasi terakhir di daerah penugasan perbatasan RI-PNG cukup kondisif.

"Yang perlu menjadi perhatian bagi seluruh prajurit adalah hal yang berkaitan dengan pelanggaran pelintas batas, illegal loging dan illegal trafiking serta permasalahan sosial lainnya," kata Sembiring saat diwawancara.

Selain itu, Sembiring juga menekankan bahwa tugas adalah suatu kehormatan yang diberikan oleh Negara, dan tugas itu sangat mulia, yang sudah disesuaikan dengan proporsional dan profesionalisme prajurit, untuk itu jaga nama baik satuan, keluarga, dan diri sendiri.

"Batalyon Infanteri 315/Garuda sebelum melaksanakan tugas sudah melewati kegiatan berbagai latihan mulai dari pratugas tahap I dan pratugas tahap II. Dengan demikian Yonif 315/Garuda siap berangkat melaksanakan tugas operasi di daerah perbatasan RI-Papua Nugini," jelasnya.

Yonif 315/Garuda akan menggantikan Yonif Para Raider 503/Mayangkara yang akan mendekati masa akhir penugasannya. (lie)*