Selasa, 12 Maret 2019 16:52

Waspada Pancaroba! Rentan Diare Hingga Flu burung

Reporter : Fery Bangkit 
ilustrasi.
ilustrasi. [net]

Limawaktu.id - Pergantian musim rentan menimbulkan penyakit. Salah satunya diare. Penyakit itu diprediksi terus meningkat selama pancaroba masih berlangsung.

Sekretaris Dinas kesehatan Kota Cimahi, Chanifah Listyarini menjelaskan, musim pancaroba itu biasanya membuat daya tahan tubuh menurun, sehingga lebih rentan terkena penyakit. Sebab, risiko terjadinya infeksinya semakin besar.

"Trens musim pancaroba ini terutama diare akut dan gangguan pernafasan yang perlu diwaspadai," katanya saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Selasa (12/3/2019).

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Cimahi, jumlah kasus diare terlapor sudah mencapai 1.003 kasus. Jumlah itu meningkat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya yang hanya 865 kasus.

Namun, kasus itu masih dianggap normal alias belum memasuki fase diare akut. Jika kasus diare akut itu kalau sudah mengalami Buang Air Besar (BAB) 10-20 kali dalam sehari.

"Itu harus diberikan cairan infus. Kalau tidak segera ditangani, bisa menyebabkan kematian," jelas Rini, sapaan Chanifah.

Selain diare, musim pancaroba itu muncul penyakit lainnya seperti pneumonia yang ditandai dengan demam, flu dan sakit kepala. Selanjutnya, penyakit yang sudah muncul dipergantian musim ini adalah Demam Berdarah Dangue (DBD), chikunguya, disentri, difteri, campak, pertusis hingga flu burung.

"Penyakit itu perlu diwaspadai. Data itu berdasarkan laporan dari Puskesmas," imbuhnya.

Dengan kondisi seperti sekarang, pihaknya meminta masyarakat agar tetap waspada. Salah satunya menjaga kebersihan lingkungan rumah dan sekitarnya. 

Baca Lainnya