Rabu, 25 Oktober 2017 13:40

Waspada! Ikan Patin Vietnam Mengandung Bahan Pengawet

Reporter : Fery Bangkit 
kan patin import dari Vietnam. (net)
kan patin import dari Vietnam. (net) [Net]

Limawaktu.id - Kepala Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Jawa Barat, Dedy Arif menyebutkan, ikan Patin (dori) yang berasal dari negara Vietnam mengandung bahan Pengawet Sodium Tripolyphosphate.Menurutnya, ikan tersebut harus diwaspadai.

“Bahan pengawet tersebut jika digunakan secara berlebihan maka, bisa Berbahaya karena menyerap air dalam organ ikan itu sendiri. Ikan jadi tidak segar lagi dan warnanya pun pucat," kata Dedy, di kantor BKIPM jalan Ciawitali Kota Cimahi, Selasa (23/10/2017.

Dikatakannya, Sodium Tripolyphosphate digunakan untuk membuat ikan terasa lebih kenyal, halus dan terlihat lebih mengkilap. Bahan ini merupakan zat aditif yang boleh dikonsumsi tidak lebih dari 70 miligram/kilogram berat badan.

"Itu berisiko mengiritasi kulit, paru dan mata. Tapi selain itu belum diketahui apakah tripolyphosphate berhubungan dengan kondisi yang lebih serius," katanya.

Khawatir ikan tersebut menyebar di jawa Barat maupun di Cimahi, pihak hingga saat ini terus memonitor ikan-ikan impor yang masuk ke wilayahnya.

Kata dia, berdasarkan temuan yang ditemukan oleh BKIPM dan Bareskrim Polri pada pada 26-28 April 2017 lalu, ditemukan ikan patin dalam mobil kontener tanpa mengunakan bungkus dan tercampur dengan daging lainnya seperti, babi dan sapi serta bahan-bahan pengawet lainya.

"Makanya kita tingkatkan pengawasan. Agar konsumen tidak ketakutan," ujarnya.

Selain itu, kata dia, ikan patin asal vietnam itu juga tidak memiliki izin masuk dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Sehingga kualitasnya pun sangat diragukan.

"Intinya, ikan ini tidak bisa masuk ke Indonesia karena tidak ada jaminan layak untuk dimakan ataupun kesehatannya," ungkapnya.

Agar masyarakat tidak lagi was-was dengan adanya ikan impor yang bisa mengancam kesehatan, pihaknya mengimbau supaya masyarakat lebih memilih ikan lokal saja.

"Kalau impor kan kita gak tau perawatannya disana seperti apa. Jadi manfaatkanlah ikan yang ada di negara sendiri," tuturnya.

Sementara itu, Ciri-ciri ikan dari vietnam yakni lebih putih, dan bahkan ada yang berwarna ping, coklat, abu-abu dan lainnya. (kit)*

Baca Lainnya