Kamis, 14 Mei 2020 13:45

Warga Sumedang Mulai Terima BLT Dampak Covid-19

Reporter : Bubun Munawar
Petugas Desa menyerahkan Bantuan Langsung Tunai kepada Warga Sumedang terdampak Covid-19, yang berasal  dari dana desa
Petugas Desa menyerahkan Bantuan Langsung Tunai kepada Warga Sumedang terdampak Covid-19, yang berasal dari dana desa [Humas Kabupaten Sumedang]

Limawaktu,- Warga Desa terdampak Covid-19  di Kabupaten Sumedang sudah mulai menerima Bantuan tunai langsung (BLT) dari Dana Desa yang sudah disalurkan dibeberapa desa. Data penerima bantuan ditentukan melalui Musyawarah Desa Khusus (Musdesus).

Kepala Dinas Pemberdaayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD)  Kabupaten Sumedang, Endah Kusyaman menyebutkan,  BLT dari Dana Desa awalnya akan mulai disalurkan pada Kamis (14/5/2020) hari ini, namun ada beberapa desa yang sudah siap sehingga mulai Selasa (12/5/2020) langsung diserahkan,” katanya, Kamis (14/5/2020).

Menururutnya, ada 33.800 kepala keluarga yang terdampak langsung Covid-19 di 270 desa berhak mendapat BLT sebesar Rp 600 ribu per bulan. Warga ini akan mendapat BLT selama tiga bulan.
Dikatakannya, Desa Cibuluh di Ujungjaya langsung menyerahkan bantuan selain di kantor desa juga diantar langsung ke rumahnya.

“Petugas dari desa dan relawan desa dikawal oleh Bhabinkabtimmas dan Babinsa menyerahkan langsung bantuan ke rumah warga penerima,” katanya.

Endah menyebutkan besarnya alokasi dari Dana Desa itu berkisar antara 25 persen, 30 persen dan 35 persen dari Dana Desa di setiap desanya. Dari total Dana Desa di Sumedang sebesar Rp 222 miliar lebih itu sebanyak Rp 60,9 miliar lebih disalurkan untuk BLT Covid-19. 33.800 KK penerima BLT itu hasil pendataan RT RW kemudian dibawa ke musyawarah desa khusus (Musdesus).

“Dari Musdesus dibawa ke Dinsos dan dilakukan verifikasi dan validasi untuk menghindari bantuan ganda. Bagi desa yang tak menganggarkan BLT Covid-19 ada sanksinya yaitu DD tahap ketiga tidak akan dicairkan,” katanya.

Baca Lainnya