Sabtu, 1 Agustus 2020 13:27

Warga Pondok Mutiara Potong Hewan Kurban Secara Virtual

Reporter : Fery Bangkit 
Penitip hewan kurban Warga Kompleks Pondok Mutiara, Kota Cimahi menyaksikan pemotongan hewan kurban secara virtual.
Penitip hewan kurban Warga Kompleks Pondok Mutiara, Kota Cimahi menyaksikan pemotongan hewan kurban secara virtual. [Foto Istimewa]

Cimahi - Penitip hewan kurban Warga Kompleks Pondok Mutiara, Kota Cimahi hanya bisa menyaksikan pemotongan hewan kurban secara virtual. Hal tersebut dilakukan mengingat adanya anjuran tidak boleh berkerumun mengingat saat ini masih pandemi virus korona atau Covid-19.

Ketua panitia kurban Kompleks Pondok Mutiara Ande Nurhadi mengungkapkan opsi kurban virtual tersebut dipilih agar masyarakat tidak banyak berkerumun menyaksikan proses penyembelihan hewan kurban di masjid setempat.

Panitia menyediakan layar televisi yang dipasang di area masjid dan menayangkan prosesi penyembelihan hewan kurban. Penyembelih tetap menyebutkan nama pengurban beserta hewan yang akan disembelih.

"Kita menghindari kerumunan warga, akhirnya memilih opsi untuk melaksanakan kurban secara virtual. Jadi pengurban cukup menyaksikan penyembelihan dari layar tv di masjid karena kita live streaming," ungkap Ande saat ditemui, Sabtu (1/8/2020).

Pihaknya sendiri menyerahkan hewan kurban titipan pengurban ke Rumah Potong Hewan (RPH). Setelah selesai disembelih, nantinya daging hewan kurban akan dikirim lagi untuk kemudian dibungkus dan dibagikan.

"Nanti yang memotong daging, membungkus, sampai membagikan ke panitia, itupun dibatas. Jadi RPH hanya menyembelih saja, selebihnya dilaksanakan warga," katanya.

Pihaknya juga sudah menginstruksikan agar warga yang akan menerima jatah daging kurban tetap berdiam diri di rumah. Nanti panitia yang akan mengantarkan daging kurban langsung ke rumah masing-masing.

"Tidak perlu datang lagi ke masjid untuk mengambil jatah dagingnya, karena nanti akan kita antarkan langsung ke rumah penerima jatah," bebernya.

Salah seorang warga Kompleks Pondok Mutiara yang berkurban Ahmad Rianto mengatakan tak mempermasalahkan prosesi penyembelihan hewan kurban titipannya oleh RPH sementara dirinya menyaksikan secara live streaming.

"Alhamdulillah masih diberikan kesempatan berkurban. Enggak masalah mau siapa yang menyembelihnya, yang penting niatnya sudah ikhlas mau berkurban dan amanah disampaikan ke yang membutuhkan," ucapnya.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer