Kamis, 11 April 2024 15:10

Warga Kota Malang Salat Ied di Halaman Gereja

Penulis : Bubun Munawar
Pada pelaksanaan Salat Ied 1445 H,  warga Malang melaksanakannya di lapangan yang terletak di depan Gereja Katolik Paroki Hati Kudus Malang, yang berdekatan dengan Masjid Agung Jami Malang,Rabu (10/4/2024).
Pada pelaksanaan Salat Ied 1445 H, warga Malang melaksanakannya di lapangan yang terletak di depan Gereja Katolik Paroki Hati Kudus Malang, yang berdekatan dengan Masjid Agung Jami Malang,Rabu (10/4/2024). [instagram@wibisono.arie]

Limawaktu.id, Malang - Penampakkan langka terjadi saat digelarnya Salat Iedul Fitri 1445 H di Kota Malang Jawa Timur. Pada pelaksanaan Salat Ied tersebut  warga Malang melaksanakannya di lapangan yang terletak di depan Gereja Katolik Paroki Hati Kudus Malang.

 “Suasana Sholat Idul Fitri 1445 H di Kota Malang Jawa Timur. Malang Kota Penuh Toleransi dan Penuh Kedamaian, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin,” tulis pemilik akun Instagram @wibisono.arie, dikutip INews, Rabu (10/4/2024).

Dalam unggahannya, Wibisono Arie menulis, Jutaan masyarakat hadir memenuhi sekitar alun alun Malang hingga Gereja Katolik Paroki Hati Kudus Malang, beberapa momen Sala Ied tersebut diunggahnya di akun instagramnya.

 Dalam beberapa potret yang diunggahnya itu, terlihat kerumunan masyarakat yang sedang sholat Ied memenuhi setiap sudut halaman hingga jalanan di sekitar gereja. Gereja dengan dinding berwarna cokelat tampak berdiri gagah di belakang umat muslim yang sedang khusyu melaksanakan sholat Ied.

Sementara di foto lain menunjukkan penampakan dari sudut yang berbeda. Di mana, masyarakat mengikuti kiblat arah Masjid Agung Jami yang menjadi lokasi utama mereka untuk sholat Ied. 

Sebenarnya, penampakan ini bukanlah sesuatu yang baru di sana. Pasalnya, momen tersebut menjadi salah satu tradisi momen kebersamaan umat beragama di Kota Malang yang bisa ditemui setiap tahunnya. Kebiasaan tersebut ada karena Masjid Agung Jami dan Paroki Hati Kudus Yesus Kayutangan berdekatan lokasinya.

 

Baca Lainnya