Kamis, 25 Oktober 2018 10:40

Warga Kelurahan Cimahi Ikut Berpartisipasi di Program Kotaku

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id - Kekurangan air bersih di kalangan warga Kelurahan Cimahi menjadi keluhan tersendiri. Selain merupakan kebutuhan sehari-hari, air bersih juga menjadi hal yang sangat didambakan oleh warga setempat. 

Kehadiran Program Kotaku yang digulirkan Kementerian PUPR menjadi jawaban bagi warga kelurahan Cimahi dalam memenuhi kebutuhan air bersih warga. Namun disisi lain juga mendorong partisipasi warga setempat untuk ikut berpartisipasi merelakan sebagian lahannya untuk dijadikan tempat pembangunan sumur bor. 

Baca Juga : Kotaku Munculkan Swadaya Warga Kelurahan Cibeureum 

"Saya mau menghibahkan sebagian lahan untuk pembuatan sumur bor ini, karena air bersih sangat dibutuhkan oleh warga disini," sebut Suryati, salah seorang warga RW 02 Kelurahan Cimahi yang mau menghibahkan lahannya untuk digunakan pembangunan sumur bor di RW 02 Kelurahan Cimahi. 

Menurut Tina Nurhayati, Koordinator KSM RW 02 Kelurahan Cimahi, pembangunan sarana air bersih dan perbaikan dranaise di lingkungan RW 02 menjadi garapan BKM dan KSM untuk memenuhi keinginan warga. 

Baca Juga : Kotaku Atasi Kekurangan Air Bersih dan Persoalan Sampah di Kelurahan Utama 

"Pembangunan sarana air bersih sudah tuntas dilakukan, tinggal pembangunan torn dan distribusi ke warga kami," ungkapnya. 

Hal yang sama disampaikan Ketua RW 02 Kelurahan Cimahi, Apih Hikmat. Menurut dia, dengan adanya pembangunan dan perbaikan dranaise dan sarana air bersih manfaatnya dapat dirasakan warga. 

Baca Juga : Mengkolaborasikan Peran Pemerintah dan Masyarakat Melalui Kotaku 

"Setelah selesai pembangunan dranaise, diatasnya akan kami pasang tanaman dalam pot yang bisa dimanfaatkan warga," ungkapnya. 

Koordinator BKM Citra Marga Mandiri Kelurahan Cimahi Dedi Rustandi menyebutkan, penanganan wilayah Kumuh dengan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kelurahan Cimahi, menginginkan agar penataan lingkungan yang dibiayai oleh Kementerian PUPR tersebut difokuskan kepada pengadaan sarana air bersih. 

Baca Lainnya