Selasa, 18 September 2018 12:51

Warga Kelurahan Cibabat Menikmati Sarana Fisik Program Kotaku 

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id - Warga Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi Utara merespon positif penataan infrastruktur yang digulirkan Kementerian PUPR lewat program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di wilayahnya. Pasalnya, dengan program tersebut menjadi solusi atas persoalan yang ada di lingkungan mereka.

Koordinator Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Muamalat Kelurahan Cibabat Anwar Hidayat mengungkapkan, meskipun baru 70 persen lebih pekerjaan fisik yang dilakukan di RW 01 Kelurahan Cibabat, setidaknya hal itu merupakan kerja keras dari seluruh elemen yang ada dalam mengurangi wilayah kumuh di Kelurahan Cibabat, khususnya RW 01.

Dikatakan Anwar, RW 01 merupakan wilayah yang paling padat di Kelurahan Cibabat, sehingga kondisi jalan menjadi sangat sempit karena banyaknya bangunan yang berdempetan. 
"Alhamdulillah apa yang dilakukan 3 KSM disini bisa mewujudkan tersedianya 3 sarana air bersih dan penataan dranaise, " jelasnya.

Iin Kurnia, Koordinator KSM Barokah  mengatakan, dengan pengeboran sumur yang dilakukan lewat program Kotaku ini sangat membantu warga dalam mengatasi kekurangan air bersih. Hal yang sama disampaikan Koordinator KSM Hidayah Bambang. Di wilayahnya sudah dituntaskan pengeboran sumur untuk mengatasi kebutuhan air bersih warga.

"Pengeboran sudah selesai tinggal pembuatan torn dan sarana lainnya.Jika di test secara tradisional, air yang dihasilkan layak diminum namun untuk memastikannya, kami akan lakukan uji laboratorium," katanya.

Sedangkan Koordinator KSM Sauyunan Asep Muhtar menjelaskan di RT nya ada dua kegiatan yang dilaksanakan, selain pembuatan sumur bor juga penataan dranaise yang  keduanya sedang dilakukan.

"Pengerjaan sumur bor sudah dilakukan tinggal menunggu penyelesaian perbaikan dranaise di tiga  gang. Untuk menyalurkan air ke rumah warga, akan dilakukan dengan mesin pendorong. Selaku KSM dan pengurus warga kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, sehingga programnya bisa berjalan lancar," pungkasnya.

Baca Lainnya