Kamis, 8 Februari 2018 16:44

Warga Kabupaten Bandung Barat (KBB) Memperoleh Jatah 50.000 Sertifikat Tanah Gratis

Reporter : Fery Bangkit 
Ilustrasi.
Ilustrasi. [Limawaktu]

Limawaktu.id -  Sertifikasi Tanah gratis tersebut merupakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ala Presiden Joko Widodo. Dengan adanya program tersebut, Pemerintah KBB telah membentuk tim pendukung membantu kerja Badan Pertanahan Nasional (BPN). Diharapkan percepatan dimilikinya administrasi pertanahan ini dapat menggugah peningkatan ekonomi warga.

"Tahun ini kita dapat 50.000, tim supporting dibentuk membantu percepatan tahapan khususnya pemberkasan," kata Sekretris Daerah KBB, Maman S Sunjaya, Kamis (8/2/2018).

Maman menjelaskan, tim pendukung akan diisi hingga tingkat Desa. Jika dibutuhkan anggaran operasional akan diberikan untuk mencegah terjadinya praktek percaloan dan Pungutan Liar (Pungli).

"Program ini gratis, kami tidak ingin masyarakat penerima manfaat dirugikan pihak yang tidak bertanggung jawab," kata Maman.

Maman menambahkan, tahun ini pemerintah daerah memprioritaskan lima kecamatan wilayah selatan yakni Rongga, Cipongkor, Cililin, Sindangkerta dan Gununghalu.

"Merujuk data BPN wilayah selatan masih banyak bidang tanah, makanya tahun ini 30.000 di wilayah selatan sisanya Tengah dan Utara," tandasnya.

Baca Lainnya