Selasa, 8 Mei 2018 12:38

Warga Heran Flyover Padasuka tak Kunjung Selesai

Reporter : Fery Bangkit 
Area proyek flyover Padasuka.
Area proyek flyover Padasuka. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Kontrak lanjutan pembangunan lanjutan flyover Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi rencananya akan dimulai pekan ini. Untuk tahap awal, pihak kontraktor akan memobilisasi pekerja dan alat berat ke lokasi.

Namun, ketika dipantau di lokasi pada Selasa (8/5/2018), belum terlihat aktifitas pembangunan. Alat berat dan pekerja pun tidak terlihat. Hanya ada plang pertanda yang berisikan bahwa pemenang kontrak sudah ditandatangani sejak 24 April. Durasinya kontraknya selama 90 hari kerja.

Baca Juga : Pemerintah Kota Cimahi menargetkan flyover Padasuka bisa digunakan sebelum Hari Raya Idul Fitri atau sekitar bulan Mei

Endang Setiawati (32), salah seorang warga sekitar menuturkan, sejak terhenti tahun 2017 lalu, sama sekali belum ada aktifitas pembangunan lagi.

"Berhentinya udah lama. Belum dibangun lagi. Cuma ditutup aja pake seng. Gak tau kenapa belum dilanjutin," katanya saat ditemui di sekitar flyover Padasuka, Selasa (8/5/2018).

Baca Juga : Penyelesaian Flyover Padasuka Bergantung Pada Hasil Lelang dan Intsruksi PT KAI

Rumah milik Endang sendiri terpaksa harus dibongkar, karena terdampak pembangunan flyover pada 2016 lalu. Ia dan suaminya pasrah, pasalnya tanah yang didudukinya adalah milik PT KAI.

Ia mengaku heran kenapa proyek mangkrak yang dimulai sejak akhir 2016 itu tak kunjung selesai. "Iya rumah saya dulu dibongkar, tapi gak beres beres. Pengennya cepet beres," tandasnya.

Baca Juga : Kontraktor Asal Bekasi jadi Pemenang Proyek Mangkrak di Cimahi

Proyek warisan mantan Wali Kota Cimahi, Atty Suharti itu dimulai September 2016 dan ditargetkan rampung Desember 2016. Namun, target tersebut meleset. Alasannya, karena ada intruksi dari PT KAI agar tidak ada aktifitas pembangunan di sekitar rel kereta api saat libur tahun baru.

Saat itu, pembangunan diperkirakan mencapai 70%, dengan menghabiskan anggaran sekitar Rp 13 miliar. Setelah itu, pembangunan lanjutan pun tak kunjung dilaksanakan. Pemerintah Kota Cimahi katanya tengah berkutat dengan review anggaran.

Setelah berkutat dengan berbagai wacana, akhirnya awal Mei 2018 ini pembangunan akan dilanjutkan. Untuk menuntaskan flyover pada suka, anggaran yang telah disepakati dengan pemenang lelang mencapai Rp2.462.422.000.

"Dua atau tiga minggu ke depan pemasangan girder. Saya harapkan minimal lebaran ini bisa dilintasi orang," ujar Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kota Cimahi Wilman Sugiansyah.

Baca Lainnya