Selasa, 26 Mei 2020 17:29

Warga Gotongroyong Kuras Mata Air Palasari

Reporter : Bubun Munawar
ilustrasi Warga menguras sumber mata air
ilustrasi Warga menguras sumber mata air [Net]

Sumedang - Warga Cidarma, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang, bergotong royong membersihkan lumpur di sumber mata air Palasari. Sebelumnya, sumber mata air Palasari tersebut sempat tertimbun longsoran tanah berasal dari tebing yang ada di sekitar sumber mata air.

"Sumber mata air ini merupakan satu-satunya mata air yang memenuhi kebutuhan air untuk warga Cidarma. Sempat terganggu karena ada longsoran. Makanya kami berusaha menguras lumpur dari sumber mata air ini," kata salah seorang  tokoh  masyarakat Cidarma, Atang, Selasa (26/5/).

Atang mengatakan, selain tertimbun longsoran, seperti biasa menjelang musim kemarau, sumber mata air biasanya rutin dikuras. Agar kondisi air selalu ada.  "Biasanya dikeruk biar airnya terus keluar dan bisa mengalir ke wilayah kami," katanya.

Atang menambahkan, menjaga sumber mata air merupakan keharusan bagi warga Cidarma. Apalagi jika menghadapi musim kemarau. Karena pada musim kemarau terkadang debit air di sumber mata air menurun. Sehingga pasokan air untuk kebutuhan warga terhambat.

Baca Lainnya