Jumat, 22 April 2022 14:38

Warga Dihimbau Mudik Lebih Awal

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sedang memberikan keterangan Pers
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sedang memberikan keterangan Pers [Instagram]

Limawaktu.id,- Menurut survey yang dilakukan Balitbang Kementerian Perhubungan, masyarakat yang melakukan pergerakan mudik lebaran tahun ini mencapai 85,5 juta orang, dengan total jumlah kendaraan roda 4 kurang lebih sebanyak 23 juta dan kendaraan roda 2 sebanyak 17 juta.

Begitu besarnya animo masyarakat untuk pulang kampung pada tahun ini memerlukan suatu upaya dari stakeholders di antaranya Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Korlantas Polri, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), dan yang lainnya.

Dikutip dari Instagram Kementerian Perhubungan, Menteri Pergubungan telah  melakukan inspeksi ke Terminal Tipe A Kampung Rambutan, Jakarta Timur (17/04), untuk memastikan kelaikan armada bus yang beroperasi menjelang mudik lebaran tahun 2022.

Diperkirakan, pemudik yang berangkat dari Jabodetabek sekitar 14,3 juta orang dan jumlah pemudik meningkat sekitar 45 persen dibandingkan tahun 2019 sebelum pandemi.

“ Kami mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan mudik menggunakan sepeda motor demi keselamatan bersama,” ungkap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Dia  mengatakan waktu ideal mudik Lebaran ialah mulai besok, Sabtu 23 April 2022 hingga Kamis 27 April 2022.

“Tiket masih ada. Di waktu-waktu, mulai besok sampai tanggal 27 itu adalah waktu yang ideal (untuk mudik),” kata Budi Karya Sumadi saat konferensi pers di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (22/4/2022).

Baca Lainnya