Jumat, 26 Januari 2024 22:54

Wapres KH Ma’ruf Amin Apresiasi Kombinasi Pelayanan Modern dan Tradisional Di RSWN

Reporter : Bubun Munawar
Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma'ruf Amin meninjau Rumah Sakit Daerah (RSD) K.R.M.T Wongsonegoro (RSWN), di Jl. Fatmawati No. 1, Mangunharjo, Tembalang, Kota Semarang, untuk mengecek langsung Layanan Kesehatan Terpadu, Jumat sore (26/01/2024).
Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma'ruf Amin meninjau Rumah Sakit Daerah (RSD) K.R.M.T Wongsonegoro (RSWN), di Jl. Fatmawati No. 1, Mangunharjo, Tembalang, Kota Semarang, untuk mengecek langsung Layanan Kesehatan Terpadu, Jumat sore (26/01/2024). [BPMI/Setwapres]

Limawaktu.id, Semarang  —Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma'ruf Amin meninjau Rumah Sakit Daerah (RSD) K.R.M.T Wongsonegoro (RSWN), di Jl. Fatmawati No. 1, Mangunharjo, Tembalang, Kota Semarang, untuk mengecek langsung Layanan Kesehatan Terpadu, Jumat sore (26/01/2024).

Wapres pun mengapresiasi berbagai terobosan pelayanan yang tersedia di RSWN ini, mulai dari sarananya yang lengkap dan repsresentatif, pemanfaatan kemajuan teknologi digital, layanan rumah sakit ramah anak, hingga tersedianya instalasi pengobatan tradisional.

“Saya mengapresiasi Rumah Sakit ini. Pertama pelayanannya telah dilakukan secara digital dan bahkan ada menggunakan robot untuk memandu ke arah mana pasien itu [berkunjung],” ungkap Wapres ketika memberikan keterangan pers usai peninjauan.

Selain itu, Wapres juga mengapresiasi perpaduan pelayanan modern dan tradisional yang diberikan RS ini.

“Kemudian juga ada perpaduan pelayanan yang sifatnya modern, dan tradisional. Jadi ada juga akupuntur, ada pijit anak bayi, jadi ada pelayanan-pelayanan yang tradisional,” papar Wapres.

“Kemudian saya lihat juga bahwa pelayanannya selain kuratif pengobatan, ada juga yang rehabilitatif bahkan ada yang sifatnya preventif promotif, itu dilakukan bekerja sama dengan Puskesmas,” tambahnya. 

Meskipun pelayanan dan peralatan yang diberikan sudah memadai, Wapres berharap RS yang turut dikembangkan oleh Pemerintah Kota Semarang tersebut terus meningkatkan fasilitas dan pelayanannya.

“Tinggal nanti saya harapkan ada peningkatan lagi. Saya dengar tadi akan dibangun 12 lantai lagi, itu untuk memberikan pelayanan dengan cara-cara modern. Bahkan sudah dilengkapi dengan MRI 3 Tesla,” harap Wapres.

MRI 3 Tesla Skyra adalah teknologi medis terkini yang dapat memberikan gambaran pencitraan dengan detail anatomis yang sangat baik, terutama untuk kelainan serebral ataupun untuk seluruh tubuh.

Wapres pun menilai, RS ini membuat program pelayanan khusus terhadap anak-anak dengan pendekatan yang lebih baik, sehingga menghilangkan trauma jika anak-anak datang ke RS.

Direktur RSD K.R.M.T. Wongsonegoro dr. Eko Krisnarto, Sp.KK menambahkan, RS ini memang memberikan layanan ramah anak untuk menghilangkan trauma anak di RS dengan program “MAS PETRUK”, yakni Implementasi Model Pemberian Asuhan Keperawatan dengan Atraumatic Care untuk Pasien Anak. Pelayanan yang diberikan diantaranya mulai dari tersedianya arena bermain anak hingga memakai pakaian badut ketika menyampaikan cerita setiap siang kepada pasien anak-anak.

“Jadi inovasi yang dilakukan RSWN sebagai Rumah Sakit yang ramah anak untuk menunjang program Pemerintah Kota Semarang,” jelasnya.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer