Rabu, 7 Maret 2018 14:06

Wali Kota Cimahi Wacanakan Bikin Perda Larangan Kantung Plastik

Reporter : Fery Bangkit 
Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna.
Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Pemeritah Kota Cimahi berencana membuat Peraturan Daerah (perda) tentang larangan penggunaan kantung plastik di toko modern.
Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna mengatakan, wacana pembentukan Perda tersebut ditujukan untuk mengurangi sampah yang bersumber dari kantung plastik.

"Kita akan coba bikin Perda pelarangan plastik di toko modern. Kita lagi pikirkan penggantinya," kata Ajay, kemarin.

Baca Juga : Ajay Bersafari di Padasuka, Warga Asyik Makan Kacang dan Selfie

Dikatakannya, pihaknya juga tengah memikirkan pengganti kantung plastik yang akan digunakan di toko modern. Sebab, jika Perda tersebut diaplikasikan, diharapkan tidak menimbulkan gejolak baru. "Kita lagi godog. Kita tidak ingin menimbulkan masalah baru," ujarnya.

Rencana pembuatan Perda pelarangan kantung plastik juga merupakan salah satu upaya Kota Cimahi untuk mewujudkan zero waste atau nol sampah.
Selain dengan rencana Perda, Ajay juga mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Cimahi untuk memilah sampah sejak dari rumah. Pemilahan sampah menurutnya sangat penting.

Baca Juga : Soal SAKIP, Pemkot Cimahi Berambisi Raih Nilai Raport 'A'

Pasalnya, selain untuk mengurangi beban angkut sampah menuju Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS), sampah yang dipilah juga bisa menghasilkan nilai ekonomi. "Iya dipilah mana yang punya nilai ekonomi, mana yang bisa jadi kompos," tandasnya.

Baca Lainnya