Senin, 16 April 2018 13:18

Wali Kota Cimahi: Rutilahu di Cimahi Sudah Tepat Sasaran

Reporter : Fery Bangkit 
Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna Secara Simbolis Memberikan Bantuan Untuk Rutilahu Di Technopark Cimahi, Jln. Raya Baros, Senin (16/4/2018).
Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna Secara Simbolis Memberikan Bantuan untuk Rutilahu Di Technopark Cimahi, Jln. Raya Baros, Senin (16/4/2018). [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Wali Kota cimahi Ajay Muhammad Pritana mengklaim, program rehabilitasi Rumah Layak Tidak Huni (rutilahu) di Kota Cimahi sudah tepat sasaran semua.

"Yang kami programkan nyampe ke orang yang berhak menerimanya, tepat sasaran," kata Ajay saat ditemui usai membuka sosialisasi Rutilahu di Technopark Cimahi, Jalan Raya Baros, Senin (16/4/2018).

Baca Juga : Pemkot Cimahi Klaim Program Rutilahu Tuntas

Untuk tahun 2018, pihaknya menargetkan sebanyak 1.490 unit Rutilahu bisa diperbaiki. Rinciannya, 335 rumah bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi tahun 2018, 750 rumah berasal dari bantuan APBD Provinsi Jawa Barat serta 405 rumah bersumber dari bantuan pemerintah pusat.

Nominal anggaran per rumah khusus dari APBD Kota Cimahi mencapai Rp 16 juta. Rinciannya, Rp 10 juta untuk material dan Rp 6 juta untuk biaya jasa tukang yang akan diambil dari masyarakat sekitar. Sedangkan yang berasal dari bantuan mencapai Rp 15 juta per Rutilahu.

Baca Juga : 1.490 Rutilahu di Cimahi Ditargetkan Direhab Sepanjang 2018

"InsyaAlloh kami targetkan dalam satu tahun 1.490 perbaikan rumah," ucap Ajay.

Dijelaskan Ajay, warga yang berhak menerima bantuan program Rutilahu harus memenuhi persyaratan. Di antaranya bukti kepemilikan tanah sah, kondisi ekonomi pemilik memang kurang mampu, belum pernah mendapat bantuan serupa dan memiliki KTP/KK Cimahi.

"Program ini ada syaratnya, kan program ini kan tetap harus dipertanggungjawabkan," tandas Ajay.

Baca Lainnya