Jumat, 11 Mei 2018 17:28

Wali Kota Cimahi akan Goda Pabrik di Cimahi, ini Maksudnya!

Reporter : Fery Bangkit 
Acara 'Terapi Anak dengan Disabilitas' di Selasar Gedung B Pemerintah Kota Cimahi, Jalan Raden Demang Hardjakusumah, Jum'at (11/5/2018).
Acara 'Terapi Anak dengan Disabilitas' di Selasar Gedung B Pemerintah Kota Cimahi, Jalan Raden Demang Hardjakusumah, Jum'at (11/5/2018). [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna menyatakan, akan berupaya menggoda perusahaan di Cimahi untuk memberikan porsi bagi penyandang disabilitas di Cimahi.

Hal itu diutarakannya usai membuka acara 'Terapi Anak dengan Disabilitas' di Selasar Gedung B Pemerintah Kota Cimahi, Jalan Raden Demang Hardjakusumah, Jum'at (11/5/2018).

Baca Juga : "We Are The Diamonds", Charity untuk Disabilitas Persembahan 3 Desainer

"Kami serius bahwa pihak swasta, karena di sini kan banyak industri. Saya harap ada porsinya," kata Ajay.

Berdasarkan data Dinas Sosial Kota Cimahi, jumlah penyandang masyarakat berkebutuhan khusus di Cimahi kategori dewasa mencapai 1.165 jiwa.

Baca Juga : Fasilitas 1.436 Penyandang Disabilitas, DPRD Cimahi Rencanakan Bentuk Perda

Sementara jumlah perusahaan menurut catatan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Cimahi, jumlah perusahaan di Cimahi mencapai 593 perusahaan.

Rinciannya, ada 131 perusahaan besar, 91 perusahaan sedang, 282 perusahaan kecil dan 89 perusahaan mikro.

Baca Juga : DPRD Kota Cimahi Targetkan Perda Disabilitas Bisa Diaplikasikan Tahun ini

Ajay menegaskan, perusahaan harus memberikan kesempatan bagi para penyandang disabilitas. Pasalnya, meski berkebutuhan khusus, mereka layak untuk diperlakukan sama.

"Saya akan lebih menekankan bahwa mereka harus memberi ruang," ujarnya.

Dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Kewajiban bagi Seluruh Instansi Pemerintah untuk mempekerjakan Penyandang Disabilitas 2% dari jumlah karyawan dan 1% persen untuk industri.

Menurut aturan tersebut, pemerintah mewajibkan seluruh industri menyerap 1% tenaga kerja dari penyandang disabilitas.

Di Kota Cimahi, menurut versi Ajay, mungkin sudah ada penyandang disabilitas yang bekerja di perusahaan di Cimahi. "Tapi masih sangat kecil," tandasnya.

Baca Lainnya