Kamis, 15 November 2018 10:50

Waduh, 700 Lebih Warga Cimahi Alami Gangguan Jiwa

Reporter : Fery Bangkit 
ilustrasi
ilustrasi [istimewa]

Limawaktu.id, Cimahi - Pemerintah Kota Cimahi terus gencar untuk menjaring para Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun dari Dinas Kesehatan Kota Cimahi, capaian ODGJ berat yang ditemukan sepanjang Januari-September 2018 mencapai 731 orang.

Baca Juga : 13 Puskesmas di Cimahi Siap Layani pasien ODGJ

Dalam jangka waktu sama, jumlah ODGJ yang dilayani sesuai dengan standar mencapai 728 orang, dari jumlah penduduk Kota Cimahi berdasarkan estimasi sebanyak 608.458 jiwa.

"Kalau menurut standar pelayanan, minimal Cimahi penemuan ODGJ berat 99,6 persen. Kalau yang dilayani sesuai standar sampai Oktober 100 persen," ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Fitriani Manan saat dihubungi via sambungan telepon, Kamis (16/11/2018).

Fitriani menjelaskan, faktor penyebab orang mengalami gangguan kejiwaan itu dikarenakan berbagai faktor. Di antaranya karena memiliki faktor genetik atau keturunan dan faktor lingkungan.

"Untuk gangguan jiwa bisa (faktor) keturunan, (tapi) kecil. Yang paling besar itu lingkungan mulai, dari yang menyebabkan dia stres terus," jelas Fitriani.

Dikatakannya, Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Bekerja sama dengan Dinas Sosial akan terus mendeteksi orang yang mengalami gangguan jiwa. Baik gangguan jiwa ringan hingga berat.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer