Jumat, 5 Oktober 2018 10:44

Waduh, 42 Ribu Lebih Warga KBB Belum Rekam KTP-el

Reporter : Fery Bangkit 
Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan Tengah Meninjau Pelayanan KTP-el
Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan Tengah Meninjau Pelayanan KTP-el [Instagram]

Limawaktu.id, Bandung Barat - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mencatat, sebanyak 42.970 orang belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el).

Sedangkan yang sudah melakukan perekaman sebanyak 1.58.890 jiwa. Data tersebut dihimpun dari wajib KTP-el di KBB yang mencapai 1.201.860 jiwa dari total jumlah penduduk yang mencapai 1,6 juta jiwa.

Baca Juga : Warga Keluhkan Pelayanan KTP , Kadisdukcapil KBB Menghindar

"Dari jumlah wajib KTP di Bandung Barat 1.074.202 orang sudah tercetak E-KTP nya. Sedangkan 109.995 orang lainnya belum tercetak," klaim Sekertaris Dinas Disdukcapil KBB, Agus T. Ruhanda, Jum'at (5/10/2018).

Dikatakannya, Disdukcapil KBB tengah berusaha menuntaskan proses perekaman KTP-el sebagai salah satu syarat normatif pemilih pada Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legialatif (Pileg) 2019.

Selain pelayanan KTP-el, pihaknya jga terus melakukan upaya penuntasan kepemilikan akte kelahiran. Saat ini, klaim dia, cakupan kepemilikan akta kelahiran sudah mencapai 85 persen.

"Dan 15 persen diantaranya belum memiliki akta kelahiran. 15 persen bukanlah jumlah yang sedikit, karena itu berarti masih ratusan ribu penduduk belum memiliki akta kelahiran," pungkasnya.

Baca Lainnya