Jumat, 6 Juli 2018 14:00

Wacana Jam Kerja Traffic Counting Kota Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Endang, Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Cimahi.
Endang, Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Cimahi. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Wacana pengadaan traffic counting reguler di Kota cimahi sebentar lagi akan jadi kenyataan.

Pasalnya, Dinas Perhubungan (dishub) Kota Cimahi telah memasukan pengadaan tersebut ke bagian Unit Layanan Pengadaan (ULP) Barang dan Jasa.

Baca Juga : Catat Jumlah Kendaraan, Dishub Kota Cimahi Anggarkan Traffic Counting

Bila sudah terealisasi, rencananya traffic counting tersebut akan dikelola oleh pihak ketiga atau pemenang lelang. Pihak ketiga akan menempatkan orang untuk menghitung jumlah kendaraan yang melintas.

"Yang pasti di tiap titik ditempatkan personel untuk menghitung kendaraan yang melintas," kata Endang, Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Cimahi, Jum'at (6/7/2018).

Traffic counting itu rencananya akan ditempatkan di 10 ruas jalan Kota Cimahi yang dianggap memiliki kepadatan lalu lintas yang cukup parah. Di antaranya Jalan Parmindo dan Jalan Rd. Hardjakusumah.

Jika sudah diaplikasikan, pihak ketiga akan bekerja setiap hari untuk menghitung semua jenis kendaraan yang melintas. Namun, pihak ketiga akan bekerja sesuai durasi kontrak yang ditandatangani.

"Dari pagi sampai malam. Dari jam 06.00-20 WIB," katanya.

Endang menjelaskan, pengadaan alat penghitung jumlah kendaraan untuk mengkaji jalan-jalan di Kota Cimahi yang mengalami kepadatan kendaraan, hingga berpotensi macet parah.

Dengan alat tersebut, nantinya pihaknya akan mengetahui jumlah kendaraan yang melintas. Dari hasil traffic counting itu, akan langsung dievaluasi untuk mencarikan solusinya.

Baca Lainnya