Senin, 25 Februari 2019 16:38

Viral Video Emak-Emak di Karawang Diduga Lakukan Ujaran Kebencian, ini Kata Bawalu Jabar

Reporter : Fery Bangkit 
ilustrasi
ilustrasi [net]

Limawaktu.id - Badan Pengawal Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat tengah melakukan investigasi terkait viralnya video emak-emak di Kabupaten Karawang.

Dalam video berdurasi 59 detik itu, terdengar suara para perempuan yang diduga melakukan ujaran kebencian terhadap Capres-Cawapres nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Baca Juga : Ujaran Kebencian Ancaman Pancasila, Pemerintah harus Tegakkan Hukum

Komisioner Bawaslu Jawa Barat, Abdullah mengungkapkan, pihaknya sudah menerjunkan tim untuk mengecek ke lokasi tempat berlangsungnya rekaman video itu dibuat, hingga pemeriksaan terhadap orang-orang yang ada dalam video itu.

"Bawaslu sedang melakukan pengumpulan data dan informasi. Untuk itu nanti akan ditelaah lebih lanjut apakah ada unsur yang diduga pelanggaran Pemilu-nya (atau tidak)," kata Abdullah, Senin (25/2/2019).

Baca Juga : IJABI dan JAI Keluhkan Penegakan Hukum terhadap Aksi Kelompok Radikal Intoleran

Dikatakannya, hasil investigasi kemungkinan akan keluar dalam dua hari ke depan. Pihaknya bersama Bawaslu Kabupaten Karawang masih mendalami kasus yang diduga berisi berita bohong atau fitnah terhadap Joko Widodo.

Meski sudah mengecek videonya, Abdullah belum bisa memastikan apakah video itu memenuhi unsur pelanggaran atau tidak. Sebab selain proses investigasi, pihaknya harus melakukan pembahasan juga bersama Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu).

"Kalau itu masuk, bisa dikatakan sebagai pihak yang dilarang jika melakukan upaya pelarangan dalam kampanye, menebar unsur kebencian dalam kampanye, unsur pidana bisa dikenakan," bebernya.

Hingga kini, tiga orang yang diduga sebagai aktor dalam video viral itu sudah diamankan Polda Jawa Barat.

Baca Lainnya