Jumat, 2 September 2022 18:45

Vaksin PMK Dipastikan Aman

Reporter : Iman Nurdin
Pemerintah pastikan vaksin PMK aman
Pemerintah pastikan vaksin PMK aman [istimewa]

Limawaktu.id, - Pemerintah melalui Kementerian Pertanian memastikan, bahwa vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) aman bagi hewan ternak yang disuntik.

Pejabat Otoritas Veteriner Kota Bandung Jawa Barat Elise Wieke menyatakan, vaksin PMK tidak menimbulkan efek samping yang signifikan.

“Untuk peternak, jangan takut vaksinasi PMK. Sampai saat ini tidak ada efek samping yang signifikan. Vaksin Malah untuk melindungi,” kata Elise Wieke dalam acara diskusi daring mengenai Protokol dan Implementasi Lalu Lintas Hewan Guna Mengurangi Penyebaran PMK di Indonesia, baru -baru iniMenurut Elise, hingga kini belum ditemukan kasus efek samping pada hewan ternak yang sudah divaksin PMK.

“Setelah divaksin beberapa hari kemudian kami evaluasi. Sekitar seminggu setelah vaksinasi, apakah ada efek samping atau seperti apa. Sejauh ini baik-baik saja dari yang sudah dilakukan,” katanya.

Pemerintah kata Elise gencar menyosialisasikan dan mengedukasi, untuk menghilangkan kekhawatiran para peternak terkait adanya efek samping setelah hewan ternak divaksin PMK.

“Kami lakukan sosialisasi ke perkumpulan peternak, kewilayahan ataupun misalnya bareng Babinsa. Biasanya dari Babinsa lebih bisa menegaskan,” ucapnya.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer