Kamis, 23 November 2017 15:13

Upaya Penanggulangan Sampah Melalui Pojok Edukasi

Pangdam III/Siliwangi memberikan pemaparan terkait penanganan sampah.
Pangdam III/Siliwangi memberikan pemaparan terkait penanganan sampah. [limawaktu]

Limawaktu.id,- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung, saling bersinergi bersama ratusan anggota TNI Kodam III/Siliwangi dan Kodim 0609/Kabupaten Bandung, membersihkan sampah yang berada di Bantaran Sungai Citarum, Desa Nanjung, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Kamis (23/11/2017).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Asep Kusuma mengungkapkan, terkait Tempat Pembuangan Sampah (TPS) ilegal ini, pihaknya akan memperkuat dengan pojok edukasi. Pasalnya, anggaran tahun ini, DLH akan mengadakan sarana pendukung, yakni kontainer. "Nanti kita akan simpan satu kontainer disini dan dua orang kader lingkungan," kata Asep saat diwawancara.

Saat ini, lanjut Asep, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak TNI, sehingga nantinya pengelolaan pojok edukasi dilaksanakan oleh TNI. "Kita akan suport untuk pengangkutan secara rutin, sehingga sampah tidak sampai meluber dari kontener," ungkapnya.

Dia pun menjelaskan, lokasi TPS ilegal ini, merupakan titik lokasi yang harus di respon dan di kelola, karena pelaku pembuang sampah ini murni orang yang melintas ke TPS ini, pasalnya kawasan ini jauh dari pemukiman warga. Oleh karena itu, katanya, pojok edukasi ini yang terbaik. Kalau TPS ilegal ditutup tidak mungkin, karena dulu pun pernah dipagar tapi tidak ada hasilnya.

"Sekarang upaya dari Pangdam dan Dandim memberikan upaya dukungan untuk meningkatkan lingkungan yang bersih, ini akan menjadi sebuah energi untuk kita semua, sehingga TPS liar sesuai program akan dikelola dengan pojok edukasi sampah," paparnya. (lie)