Selasa, 19 Januari 2021 22:24

Untuk BK Porda 2022, KONI Cimahi Dibekali Rp 7 Miliar Lebih, Cukupkah?

Reporter : Fery Bangkit 
ilustrasi kantor koni cimahi
ilustrasi kantor koni cimahi [net]

Limawaktu.id - Anggaran hibah untuk KONI Cimahi tahun ini ditetapkan sebesar
Rp7.150.000.000. Besaran anggaran tersebut sudah masuk postur APBD Kota Cimahi tahun 2021.

"Jadi di acc-nya Rp 7,150 miliar. Kemampuan keuangan daerah tidak mencukupi jadi hanya diakomodir sebesar itu," kata Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi, Budi Raharja saat ditemui di Pemkot Cimahi, Selasa (19/1/2021).

Ia mengungkapkan, berdasarkan hasil koordinasi antara Pemkot Cimahi bersama KONI, yang juga dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi, lembaga olahraga di Kota Cimahi itu menerima besaran anggaran tersebut.

"Tapi mereka berharap di perubahan ada tambahan. Kemampuan keuangan daerahnya minim. Sebelumnya juga gak pernah besar, Gak lebih dari Rp 10 miliar ditambah Covid begini," ungkap Budi.

Besaran dana hibah tersebut, kata Budi, akan dipersiapkan untuk menghadapi Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Daerah (BK Porda) Tahun 2022 yang rencananya akan dimulai Maret-Juli 2021.

Cabang Olahraga (Cabor) yang lolos BK nantinya akan mengikuti Porda tahun depan yang akan berlangsung di Kota Tasikmalaya, Kabupaten Subang dan Kabupaten Bandung Barat (KBB).

"Jadi anggaran itu untuk persiapkan menghadapi babak kualifikasi Porda 2022," sebutnya.

Dengan anggaran tersebut, KONI Kota Cimahi dibebani target masuk 10 besar pada Porda 2022. Namun melihat postur anggaran yang ada, kata Budi, target tersebut bukanlah harga mati.

"Kalau ingin masuk 10 besar kan berarti harus didukung dengan dana memadai
Arahan Pak Plt, rasional saja tidak harga mati 10 besar. Menyesuaikan dengan kemampuan anggaran," ujarnya.

Meski begitu, pihaknya berharap KONI Kota Cimahi bersama para atlet tetap berjuang semaksimal mungkin untuk meraih prestasi. "KONI tetap bertekad optimal memberikan yang terbaik untuk Cimahi supaya prestasi di Porda meningkat," pungkas Budi.

Sekretaris Umum Kota Cimahi, Akhmad Sobarna mengatakan, jika melihat besaran dana hibah tahun ini memang kurang ideal dengan target Porda 2022. Namun pihaknya berkomitmen memberikan prestasi sesuai kemampuan.

"Untuk persiapan BK kalau mau ideal ya belum ideal, masih banyak kekurangannya kalau mau target 10 besar. Ya, dioptimalkan," ujarnya.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer