Sabtu, 11 Desember 2021 17:55

Unjuk Kabisa Jadi Ajang Pemberdayaan Warga Cibeureum Lewat Budaya

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Ada cara tersendiri dilakukan Pemerintah  Kelurahan Cibeureum dalam meningkatkan pemberdayaan dan kreativitas warga. Tak sekedar dilakukan penataan infrastruktur saja, tetapi juga dibarengi dengan pendekatan secara budaya. Karenanya, Pemerintah Kelurahan Cibeureum menggelar Unjuk Kabisa Cibeureum Kahiji di Gedung Cimahi Technopark.

“ Kalau di Cibereum kan Wilayah padat, kalau pendekatan nya hanya sebatas penanganan fisik ya tidak akan selesai Cibereum. Pendekatan Cibeureum pendekatan melalui Seni Budaya dan UMKM, karena kalau Seni Budaya itu kan, penataan lingkungan itu dengan cara dibersihkan, dilabur, dicat dibikin semacam sentra-sentra UKM dan juga sentra-sentra Seni Budaya,” terang Lurah Cibeureum Ahmad Suparlan, disela kegiatan Unjuk Kabisa Cibeureum Kahiji, di Gedung Cimahi Technopark, Jalan Baros Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Sabtu (11/12/2021).

Menurut dia, digelarnya Unjuk Kabisa ini merupakan sebuah rangkaian kegiatan budaya dan pemberdayaan Usaha Kecil Mikjro dan Menengah (UMKM) sebagai salah satu tahapan dimana tahun depan akan dibuat semacam kampung wisata yang dinamakan ‘Padat Berkarya’.

“Pada hari ini asset asset budaya dan UMKM ini  kita tampilkan dari berbagai paguyuban seni. Budaya yang ada di Cibeureum ini sudah layak jual, sehingga bisa menjadi salah satu penghasilan bagi warga selain tontonan,” paparnya.

Sementara,  Asisten Administrasi dan Uumum Pemkot Cimahi Tata Wikanta mengapresiasi apa yang dilakukan Kelurahan Cibeureum ini. Dia berharap kdegiatan Unjuk Kabisa Cibeureum Kahiji ini menjadi suatu langkah awal bagaimana menghidupkan kembali perekonomian masyarakat.

“Alhamdulillah Kelurahan Cibereum ini sudah bekerja sama dari beberapa tahun ini dengan UNJANI. Dan pada hari ini adalah merupakan akhir dari kegiatan yang memperlihatkan hasil hasil produk dari masyarakat Kelurahan Cibeureum,’’ pungkasnya.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer