Selasa, 11 Februari 2020 15:56

Ungkap Air Sumur Mendidih, DLH Cimahi:Airnya Tak Laik Konsumsi!

Air Sumur Mendidih milik Hambali
Air Sumur Mendidih milik Hambali [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi mengungkapkan hasil uji labolatorium sampel air dari sumur milik Hambali.

Sebelumnya, sumur yang terletak di Gang Warga, Jalan Kihapit Barat, RT 02/09, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi itu uap dan airnya menjadi panas.

Kepala DLH Kota Cimahi, Mochammad Ronny mengatakan, berdasarkan hasil uji laboratorium,air sumur berusia 40 tahun tersebut dalam kadar normal, sehingga belum diketahui sumber panas yang meningkatkan suhu air sumur tersebut. 

"Kandungan sulfurnya dibawah baku mutu. Kalau panas itu akibat patahan pada urat panas bumi, seharusnya kandungan sulfurnya juga tinggi," ujarnya, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (11/2/2020).

Dikatakannya, meski kandungan sulfurnya di bawah baku mutu, air sumur tersebut justru tercemar oleh kandungan deterjen yang kadarnya tinggi. Tak hanya satu sumur milik Hambali saja, sumur milik warga lain yang berada di samping rumah tersebut juga tercemar oleh limbah deterjen. 

"Kemungkinan pencemaran itu dari rembesan saluran limbah domestik yang belum dilapisi semen, jadi masih tanah," terang Ronny.

"Bisa juga dari septictank yang pembuatan dan posisinya tidak sesuai spesifikasi. Total ada dua sumur yang airnya tercemar," sambung Ronny.

Ia menjelaskan, sebab tercemar oleh kandungan deterjen dalam kadar tinggi, pihaknya menyarankan pemilik rumah agar tidak menggunakan air sumur untuk minum, memasak, bahkan mandi.

"Airnya jelas tidak layak konsumsi karena bisa membahayakan manusia. Untuk mandi juga tidak disarankan, lebih baik gunakan air dari sumber lain," jelasnya. 

Untuk penyebab pastinya, lanjut Ronny, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Barat untuk menemukan penyebab peningkatan suhu pada sumur tersebut. 

"Nanti akan diteliti lagi oleh pihak ESDM terkait penyebabnya. Kalau memang karena pipa SPBE bocor, harusnya rumah lain juga airnya jadi panas, tapi ini hanya satu rumah saja," pungkasnya

Baca Lainnya