Rabu, 8 Mei 2019 14:09

Uji Kelaikan Angkutan Lebaran, Dishub Cimahi Bakal Sasar Bus AKDP Hingga AKAP

Reporter : Fery Bangkit 
Pelaksanaan Ramp Check Kendaraan Angkutan Umum Di Rest Area KM 125, Cibeber, Kota Cimahi.
Pelaksanaan Ramp Check Kendaraan Angkutan Umum Di Rest Area KM 125, Cibeber, Kota Cimahi. [ferybangkit]

Limawaktu.id - Dinas Perhubungan Kota Cimahi bakal melakukan ramp check atau pemeriksaan kelaikan kendaraan angkutan umum selama bulan Ramadhan 1440 Hijriyah. Pemeriksaan akan dilakukan dua kali. 

Kepala Seksi Angkutan pada Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ranto Sitanggang mengatakan, pemeriksaan akan dilakukan terhadap bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang kerap digunakan untuk mengangkut penumpang. Khususnya jelang lebaran nanti.

Baca Juga : Parah!Dua Bus Primajasa tak Miliki Rem Tangan, Tetap Ngotot Ingin Beroperasi

"Rencananya kita akan ramp check 2 (dua) kali. Rencananya pertengahan bulan Mei dan jelang lebara," ujar Ranto saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Rabu (8/5/2019).

Ranto menjelaskan, pemeriksaan terhadap angkutan umum itu sangat diperlukan untuk memastikan kondisi semua komponen masih dalam keadaan berfungsi. Seperti rem, semua lampu, kondisi ban dan sebagainya.

Baca Juga : Bus Tanpa Rem Tangan kok Dipaksa Jalan, ini Reaksi Penumpang

"Tujuan utamanya untuk keselamatan berlalu lintas, khususnya jelang mudik lebaran," kata Ranto.

Selain pemeriksaan kelaikan, perihal kelengkapan surat berkendara juga bakal diperiksakan. Seperti kelengkapan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan bukti Uji KIR. 

"Kita akan bekerja sama dengan kepolisian," ucapnya.

Baca Lainnya