Selasa, 7 November 2017 16:02

Tuntut Cabut PP No 78 Tahun 2015, Buruh Longmarch ke Istana Negara

Reporter : Jumadi Kusuma
Buruh berjalan kaki (longmarch) dari Bandung menuju Istana Negara Jakarta.
Buruh berjalan kaki (longmarch) dari Bandung menuju Istana Negara Jakarta. [Limawaktu]

Limawaktu.id, - Rintik hujan dan cuaca yang tidak bersahabat tak menyurutkan langkah seratusan orang aktifis Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSMPI) menggelar aksi bela buruh dengan berjalan kaki (longmarch) dari Bandung menuju Jakarta, Selasa (7/11).

Dengan dikawal anggota kepolisian dan mobil komando, mereka berkumpul dihalaman Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat dan mulai bergerak sekira pukul 12:00 WIB, diiringi orasi dan yel-yel perjuangan.

Rute longmarch dimulai dari halaman Gedung Sate Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, Purwakarta, Karawang, Bekasi dan berkumpul dihalaman Istana Negara Jakarta bersama dengan aktifis FSPMI lainnya dari seluruh Indonesia, demikian siaran pers yang diterima limawaktu.id.

Sekertaris Konsulat Cabang FSPMI Kabupaten Bandung Barat, Dede Rahmat menyatakan agenda aksi bela buruh yang bakal digelar di Istana Negara pada 10 November 2017.

“Kami akan menyuarakan beberapa tuntutan diantaranya, Pencabutan Peraturan Pemerintah (PP) No. 78 Tahun 2015 dan kenaikan upah 2018 sebesar Rp. 650.000,- serta menolak penetapan UMP dan UMK yang berdasarkan PP No. 78", tegasnya.(jk)*