Minggu, 22 April 2018 23:30

Transformasi Komunitas XTC Menuju sebuah Ormas

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Anggota dan Pengurus Komunitas xtc Kota Cimahi melakukan transformasi baik secara perilaku maupun keorganisasian, dalam menuju sebuah Organisasi Masyarakat (ormas). Hal itu mengemuka saat digelarnya Peringatan 21 Tahun XTC di Wisata Kuda Pakuhaji, Minggu (22/4).

Ketua XTC Kota Cimahi Budiwan mengatakan, transformasi dilakukan agar terjadi perubahan perilaku para anggota XTC Kota Cimahi kearah yang lebih baik.

“Kami sedang melaksanakan transformasi baik keanggotaan maupun organisasinya. Saat ini legal formal XTC mengarah menjadi sebuah Ormas, yang asalnya berupa komunitas. Bahkan, keberadaan XTC Kota Cimahi sudah diakui oleh Pemerintah Kota Cimahi,” sebutnya.

Dikatakan Budiwan, XTC Kota Cimahi yang lahir 21 tahun lalu, merupakan wadah para anggota yang berbasis otomotif dengan kegiatan sosial kemasyarakatan dan pemberdayaan anggotanya.

Hal yang sama disampaikan Pembina XTC Kota Cimahi yang juga anggota DPRD Kota Cimahi, Yus Rusnaya.

Menurut Yus, keberadaan XTC sebagai Ormas sudah didaftarkan ke Badan Kesatuan Bangsa (Kesbang) Kota Cimahi yang saat ini tengah dalam proses hampir selesai, tinggal menunggu surat tanda terdaftar.

“Ekskutif dan Legislatif di Kota Cimahi menyambut baik keberadaan Ormas XTC ini. Bahkan deklarasinya dilakukan di pendopo DPRD Kota Cimahi, disaksikan Ketua DPRD Kota Cimahi pak Achmad Gunawan,” jelasnya.

Dia berharap, anggota XTC yang terdiri dari berbagai ras suku, agama, etnis dan budaya ini bisa menjaga kebhinekaan sesuai dengan simbol lebahnya.

“Sebagai bagian dari generasi bangsa, XTC diharapkan mampu memelihara nilai kebhinekaan dan menjadikan anggotanya lebih berguna bagi dirinya, orang tuanya maupun masyarakat dan bangsa,” pungkasnya.

Baca Lainnya