Selasa, 26 Februari 2019 15:33

TKD PNS Molor Setiap Awal Tahun, ini Penjelasan BPKAD Kota Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Apel Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Demang Hardjakusumah.
Apel Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Demang Hardjakusumah. [ferybangkit]

Limawaktu.id - Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Cimahi, Achmad Nuryana menjelaskan, molornya Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) disebabkan adanya proses evaluasi.

Dikatakannya, evaluasi yang dilakukan itu biasanya meliputi wacana besaran TKD. Achmad mencontohkan, misalnya usulan kenaikan tunjangan untuk para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memiliki tugas tambahan, seperti pejabat penerima barang, bendahara pengeluaran dan lain-lain.

Baca Juga : Perda Dibuat untuk Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat 

"Jadi perlu ada pembahasan keputusan besaran TKD. Setiap tahun itu kan suka ada evaluasi untuk besaran TKD dilihat dari kemampuan keuangan," jelas Achmad saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Hardjakusumah, Selasa (26/2/2019).

Namun, dengan kemampuan keuangan daerah, bahwa tahun sudah diputuskan besaran TKD masih menggunakan tarif lama. Untuk itu, tegas Achmad, TKD untuk bulan Januari sudah bisa dicairkan.

Baca Juga : Aktif Bekerja Hari ini, CPNS di Cimahi Langsung dapat Gaji Bulanan dan Tunjangan

"Sudah mulai dicairkan. (Besarannya) beda-beda, tergantung kelas jabatan, beban kerja (dan sebagainya," terangnya.

Achmad melanjutkan, pembayaran TKD sendiri biasanya dicairkan di setiap pertengahan bulan berikutnya. Misalnya, TKD untuk bulan Januari itu dibayarkan bulan Febuari. Sebab, pihaknya harus menerima rincian penilaian kinerja setiap PNS terlebih dahulu.

Baca Juga : TKD Molor Setiap Awal Tahun, PNS Cimahi 'Ngutang' Sana-sini

Selain itu, tegas dia, pencairan TKD juga tergantung dari kecepatan pengurusan administrasi pada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Cimahi. 

"Kalau TKD itu untuk pembayaran Januari dibayar Februari. Dilihat dari kinerjanya dulu kan," tandasnya.

Sebelumnya, molornya pencairan TKD setiap awal tahun dikeluhkan PNS. Sebab, pencairan yang biasanya tanggal 15 kini molor hingga akhir bulan. Permasalahan itu berdampak terhadap pengeluaran PNS bulan ini.

Baca Lainnya