Selasa, 26 Februari 2019 13:20

TKD Molor Setiap Awal Tahun, PNS Cimahi 'Ngutang' Sana-sini

Reporter : Fery Bangkit 
Apel Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Demang Hardjakusumah.
Apel Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Demang Hardjakusumah. [ferybangkit]

Limawaktu.id - Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kota Cimahi mengeluhkan kerap molornya pencairan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) setiap awal tahun anggaran.

Hermindianto, salah seorang PNS mengakui sampai hari belum menerima pencairan TKD untuk bulan Januari. Biasanya, kata dia, TKD itu dicairkan pada pertengahan bulan atau sekitar tanggal 15 setiap bulannya.

Baca Juga : Gagal Tahun Lalu, DPKP Cimahi Ulang Wacanakan Pembebasan Lahan di Dua Lokasi ini

"Tahun lalu pun pembayaran sama seperti sekarang, mengalami keterlambatan. Biasanya maksimal tanggal 15," katanya saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Selasa (26/2/2019).

Dikatakannya, keterlambatan pencairan TKD sangat berpengaruh bagi dirinya. Sebab, gaji pokok yang dibayarkan setiap tanggal 1 sudah dialokasikan untuk membayar berbagai keperluan. Seperti cicilan rumah, membayar asuransi anak, biaya sekolah dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

Baca Juga : Perda Dibuat untuk Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat 

Dampaknya, kata dia, jika TKD telat setiap tahun ini memaksanya untuk mencari pinjaman atau tambahan. Hermindianto mengakui tak tahu alasan mengapa setiap awal tahun TKD selalu molor.

"Keterlambatan TKD bisa mengakibatkan hutang buat saya. Kenapa? Karena saya harus mencari dana talangan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga saya," pungkasnya.

Total PNS di Kota Cimahi sendiri mencapai sekitar 4.507, yang terdiri dari guru dan pekerja teknis di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi. 

Baca Lainnya