Sabtu, 6 Maret 2021 11:14

Tips Menghilangkan Stres ala Hengky Kurniawan

Reporter : Wawan Gunawan
Hengky Kurniawan berolahraga sepeda, selain membuat tubuh sehat, olahraga juga bisa meredakan stres
Hengky Kurniawan berolahraga sepeda, selain membuat tubuh sehat, olahraga juga bisa meredakan stres [Istimewa]

Limawaktu.id,- Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan berbagi tips untuk menghilangkan stress. Menurutnya ternyata tidak sulit mengatasi Stres. Setelah seminggu kita sibuk dengan aktivitas bekerja, saatnya di weekend ini kita relaksasi. Ternyata tidak sulit mengatasi stres.

 “Selain bisa menjalani hobby, melakukan kegiatan yang kita sukai, apakah itu belanja, jalan-jalan ke mall, nonton film, berkebun, memasak, atau bisa berolahraga,” kata Hengky. Sabtu (6/3/2021).

 Dikatakannya, selain membuat tubuh sehat, olahraga juga bisa meredakan stres. Satu cara yang sederhana dapat berupa lari mengitari komplek rumah. Anda juga bisa mencoba olahraga yang intensitasnya lebih tinggi, misalnya kickboxing atau muaythai. Dan jangan lupa tetap jaga diri,  tidur yang cukup senantiasa mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

 “Hindari merokok, mengonsumsi minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang, serta perhatikan asupan mineral yang masuk ke dalam tubuh dengan rutin minum air putih minimal 2 liter atau 8 gelas per hari,” ungkapnya.

 Stres adalah reaksi tubuh yang muncul saat seseorang menghadapi ancaman, tekanan, atau suatu perubahan. Stres juga dapat terjadi karena situasi atau pikiran yang membuat seseorang merasa putus asa, gugup, marah, atau bersemangat. Situasi tersebut akan memicu respon tubuh, baik secara fisik ataupun mental. Respon tubuh terhadap stres dapat berupa napas dan detak jantung menjadi cepat, otot menjadi kaku, dan tekanan darah meningkat.

 Stres sering kali dipicu oleh tekanan batin, seperti masalah dalam keluarga, hubungan sosial, patah hati, cinta tak berbalas, atau masalah keuangan. Selain itu, stres juga bisa dipicu oleh penyakit yang diderita. Memiliki anggota keluarga yang mudah mengalami stres, akan membuat orang tersebut juga lebih mudah mengalami stres.

 Setiap orang, termasuk anak-anak, pernah mengalami stres. Kondisi ini tidak selalu membawa efek buruk dan umumnya hanya bersifat sementara. Stres akan berakhir saat kondisi yang menyebabkan tekanan atau frustasi tersebut dilewati.

Baca Lainnya

Topik Populer