Sabtu, 18 Juli 2020 12:13

Tingkatkan Minat Baca, Pemkab Pangandaran Bangun Perpustakaan Daerah

Reporter : Bubun Munawar
Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata melakukan peletakan batu pertama pembangunan perpustakaan daerah Pangandaran.
Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata melakukan peletakan batu pertama pembangunan perpustakaan daerah Pangandaran. [Foto istimewa]

Pangandaran - Dasar pembangunan merupakan satu kebutuhan jangan merupakan keinginan, setelah persoalan-persoalan mendasar selesai dibangun seperti jalan, jembatan, puskesmas, rumah sakit, selesai dibangun.

Pemerintah Kabupaten Pangandaran, memulai mengembangkan satu kebijakan yang sudah ada, dibidang pendidikan adanya  perpustakaan yang refresentatif merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi, agar warga meningkat mutu sumber daya manusianya. Hal itu disampaikan Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata,  Sabtu (18/7).

Pembangunan Perpusda sendiri berada dijalur protokol antara Pangandaraan dan Parigi tepatnya di Desa Sukaresik Kecamatan Sidamulih, sehingga diharapkan dapat memudahkan para pengunjung ke perpustakaan ini. Pembangunannya akan menghabiskan biaya sebesar 30 miliar yang dibangun selama 2 tahun (2020-2021).

"Masyarakat pangandaran butuh tempat mencari ilmu, membaca mencari ilmu yang cukup bagus, maka pada tahun ini kita mulai membangun perpustakaan totalnya 30 milyar, tahun ini baru diselesaikan 17 milyar, tapi sudah bisa berjalan perpustakaan itu, nanti sempurnanya tahun depan", ujarnya.

Agar orang merasa aman dan nyaman dalam membaca, disini pun dilengkapi taman.

"Untuk luasnya 1 hektare jadi nanti biar orang bisa baca sambil santai disini tidak hanya bangunan tapi ada taman dan lain sebagainya", tambahnya.

Dengan adanya perpustakan ini Bupati Pangandaran berharap agar warga bisa lebih rajin dalam membaca.

"Mudah-mudahan warga pangandaran mau membaca, buku ini pintunya ilmu, ilmu itu merupakan syarat mutlak untuk manusia hidup untuk merubah peradaban lebih baik”, pungkasnya.

Baca Lainnya