Minggu, 27 November 2022 17:49

Tim SAR Gunakan Anjing Pelacak dan Life Detector Cari Warga yang Hilang

Penulis : Bubun Munawar
Tim SAR Gabungan menemukan jenazah yang hilang pasca gempa Cianjur, Minggu (27/11/2022)
Tim SAR Gabungan menemukan jenazah yang hilang pasca gempa Cianjur, Minggu (27/11/2022) [Basarnas Jabar ]

Limawaktu.id,- Anjing pelacak dan life detector menjadi salah satu deteksi dalam melakukan pencarian 14 korban warga yang hilang pasca gempa bumi di Kabupaten Cianjur awal pekan ini

Mingu hari ini, 27 November 2022, Tim SAR Gabungan mulai melanjutkan pencarian hari ke 7 terhadap 14 warga yang hilang pasca Gempa bumi 5.6 SR melanda Kabupaten Cianjur.

Adapun area pencarian tetap dibagi menjadi 3 worksite yaitu worksite 1 warung sate Shinta, Worksite 2 Cijedil dan Worksite 3 di Kp. Cicadas yang dilaporkan masih ada laporan warga yang hilang.

Kepala Kantor SAR Bandung selaku SAR Misson Coordinator menyebut hari ke 7 pencarian starategi yang dilakukan yaitu dengan memaksimalkan seluruh personel yang da baik internal Basarnas ataupun potensi sar/relawan,.

“Selain itu juga tim masih memberdayakan anjing pelacak untuk melakukan deteksi di tempat tempat yang dicurigai ada korban serta penggunaan life detector” terang Jumaril, Minggu (2711/2022).

Selain kedua startegi tersebut, kata dia,  Tim SAR Gabungan juga diharapkan bisa memaksimalkan alkon dan alat berat pada operasi SAR hari ke7 sehingga dapat mengevakuasi 14 warga yang masih dinyatakan hilang.

“Adapun kendala yang dihadapi tim selama 6 hari melaksanakan pencarian di lokasi yaitu terkait Cuaca di lapangan serta gempa susulan masih terjadi sehingga riskan dan perlu hati hati, oleh karenanya Basarnas sudah menempatkan safety officer di setiap site nya untuk memantau pergerakan yang sekiranya membahayakan tim SAR Gabungan” katanya

Jumaril menghimbau kepada seluruh Tim SAR Gabungan untuk memperhatikan kondisi fisik, jika sudah lelah agar beristirahat, kita didukung oleh tim medis baik dokter atau perawat bagi seluruh tim SAR yang poskonya berada di Posko SAR Gabungan.

“Selain pelaksanaan operasi SAR juga ada pergerakan HR-3604 dan 1301 Dropping dukungan logistik berupa terpal, paket keluarga, paket balita, beras, dan air mineral ke Kampung. Cikadal, Desa Nyalindung, Kecamatan  Cugenang,” jelasnya.

Dia menyebutkan, Hingga pukul 11.40 WIB Tim SAR Gabungan menemukan 2 jenazah di Cijedil Rt 03. Pukul 07.30 WIB ditemukan korban berjenis kelamin perempuan dengan ciri ciri memakai kaos berwarna hitam sedangkan korban kedua ditemukan pukul 09.50 WIB berjenis kelamin laki laki dengan memakai kaos berwarna abu garis hitam. “Keduanya dievakuasi ke RSUD Cianjur untuk diidentifikasi. Sementara Total korban dalam pencarian sebanyak 12 orang,” pungkasnya.

Status Korban (Data Posko Utama)

 Luka-luka : 7.729 orang

Mengungsi : 73.693 orang

Meninggal dunia : 318 Orang

 Dalam pencarian : 12 orang

Baca Lainnya