Sabtu, 23 Desember 2017 20:45

Tim Jihandak Gegana Polda Jawa Barat Sisir Tempat Ibadah di Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Tim Gegana menyisir bagian bawah kursi gereja, mimbar, dan rangkaian bunga yang terdapat di depan altar di Gereja Santo Ignasius Jalan Baros, Cimahi, Sabtu (23/12/2017).
Tim Gegana menyisir bagian bawah kursi gereja, mimbar, dan rangkaian bunga yang terdapat di depan altar di Gereja Santo Ignasius Jalan Baros, Cimahi, Sabtu (23/12/2017). [Limawaktu]

Limawaktu.id - Untuk memastikan keamanan saat perayaan Natal, Polres Cimahi menyisir sejumlah gereja di wilayah hukum Polres Cimahi pada Sabtu (23/22/2017).

Kapolres Cimahi AKBP Rusdi Pramana Suryanaga mengatakn, kegiatan Pengamanan ini untuk mencegah dan menemukan barang-barang mencurigakan.

"Seperti bahan peledak atau barang lainnya yang bisa mengganggu proses peribadatan yang akan dan sedang berlangsung," ujarnya saat ditemui di Gereja Santo Ignasius Jalan Baros, Cimahi, Sabtu (23/12/2017).

Menurutnya, tindakan pengamanan tersebut merupakan bentuk pelayanan Polres Cimahi terhadap warganya yang akan melaksanakan peribadatan.

"Polres Cimahi berupaya melaksanakan pengamanan sebaik mungkin. Tadi sudah dilakukan sterilisasi di Gereja Santo Ignatius, yang dibantu oleh Tim Jihandak Gegana Polda Jawa Barat," tuturnya.

Pelaksanaan sterilisasi itu sendiri dilakukan oleh Tim Jihandak Gegana Polda Jawa Barat didampingi oleh Tim Taktis Polres Cimahi.

Tim Gegana menyisir bagian bawah kursi gereja, mimbar, dan rangkaian bunga yang terdapat di depan altar. Dalam pelaksanaannya, tidak ditemukan barang mencurigakan apapun yang dapat mengganggu jalannya peribadatan.

Tim yang melakukan penyisiran dibagi menjadi dua tim, untuk menyisir total 63 gereja yang ada di wilayah hukum Polres Cimahi. Personel gabungan yang diterjunkan total sebanyak 1.600 personel.

Untuk pengamanan di setiap gereja sebanyak 15 personel dibantu unsur Pam Swakarsa 10 personel di dalam ruangan dan 20 personel di luar.

"Kami juga memastikan keamanan mulai dari pintu masuk dan keluar dengan memaksimalkan CCTV yang ada di gereja," bebernya.

Ketua Panitia Natal Gereja Santo Ignatius, Yosef Agus Supriatna, menyebutkan, persiapan untuk Misa Malam Natal tahun ini sudah siap 100%.

Persiapan mulai dari gladi resik, bersih-bersih, keamanan, dan juga penataan kursi-kursi. Seperti tahun-tahun sebelumnya jamaah yang merayakan Misa Natal di gereja ini bisa mencapai 4 ribu orang.

"Persiapan sudah rampung dan untuk pengamanan selain dari polisi kami juga menyiapkan 30 personel internal," katanya.

Dia menjelaskan, proses Misa akan dimulai sejak Minggu (24/12/2017) pukul 17.00 WIB dimpimpin Pastor Paskasius Bekatmo. Pukul 20.00 WIB dipimpin Pastor Dominikus Uus Doni. Sementara pada Senin (25/12/2017) pagi, dipimpin Pastor Robert Hia. (kit)