Kamis, 21 September 2017 8:25

Tim Gabungan Waspadai Bencana Alam

News Waspada Bencana Alam
Muspika Kecamatan Banjaran berfoto usai apel kesiapan penanggulangan bencana alam
Muspika Kecamatan Banjaran berfoto usai apel kesiapan penanggulangan bencana alam [limawaktu dok]

limawaktu.id - Ratusan tim gabungan yang terdiri dari muspika jajaran rayon empat, yakni para Camat, Kapolsek dan Danrami, serta Perhutani, Satpol PP, Polisi Hutan, dan para Relawan, mengikuti Apel Kesiapan penanggulangan Kebakaran Hutan Lahan dan bencana Alam di Alun-alun Banjaran Kabupaten Bandung, Rabu (20/9).

Apel Kebencanaan tersebut di pimpin langsung oleh Kapolsek Pangalengan, Kompol Yana dan Komandan Upacara dilaksanakan oleh Kapolsek Cimaung, Iptu Joko.

Yana mengatakan, pihaknya menggelar Apel ini, atas dasar perintah langsung Kapolres Bandung AKBP Nazli Harahap untuk mengantisipasi terjadinya kebakara hutan, dengan cara melakukan penyuluhan dan pengawasan, yang memiliki rasa tanggung jawab di wilayahnya sebagai pelayan, pelindung, pembina dan pengayom serta aparatur penegakan hukum.

"Untuk mencegah kebakaran hutan, kami melakukan antisipasi penerangan kepada masyarakat, jangan sampai tidak waspada dan peduli, karena munculnya kebakaran akibat ulah manusia , diantaranya membuang puntung roko sembarangan dan membakar sampah disekitar hutan," kata Yana usai Apel Kebencanaan di Banjaran.

Selain kebakaran hutan, lanjut Yana, pihaknya melakukan upaya pembentukan antisipasi di musim hujan, seperti longsor dan banjir.

Langkah yang sudah dilakukan, katanya, sudah berjalan komunikasi, apabila ada kejadian, cepat tanggap dan menanganinya. Selain itu, melakukan pencegahan, dilakukan juga patroli C3, sekaligus menghimbau kepada masyarakat, baik pada Bhaintantibmas, kepala desa, dan para muspika lainnya.

"Dengan melakukan apel disini, di wilayah Banjaran semua muspika yang berada di Rayon 4 dan para relawan bisa hadir semuanya, dalam pembentukan, mengumpulkan semua elemen, dinas instansi, aparatur pemerintah dan para relawan,” tutupnya. (lie)