Selasa, 3 Maret 2020 14:46

Tiket Bus Mudik Gratis di Cimahi Ludes Diserbu Masyarakat

Situasi Pendaftaran Mudik Gratis Lebaran 2020.
Situasi Pendaftaran Mudik Gratis Lebaran 2020. [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Kuota mudik gratis lebaran tahun 2020 di Kota Cimahi ludes terisi hanya dalam waktu dua hari. Pendaftaran dibuka sejak Senin (2/3/2020) dan harusnya berakhir tanggal 31 Maret mendatang.

Tahun ini, Dinas Perhubungan Kota Cimahi hanya menyediakan 750 kuota mudik gratis yang diperuntukan bagi warga yang berdomisili di Kota Cimahi. Artinya, banyak warga tidak terakomodir.  

"Pendaftaran baru dibuka pada Senin 2 Maret 2020 dan dalam sehari kuota langsung terisi. Tidak semua masyarakat terakomodir program tersebut," ujar Kepala Seksi Angkutan pada Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ranto Sitanggang saat ditemui, Selasa (3/2/2020).

pelayanan Pendaftaran Mudik Gratis Lebaran 2020.

Tempat pendaftaran berlangsung di Kantor Dishub Kota Cimahi di lantai 4 Gedung C Kompleks Pemkot Cimahi Jalan Raden Amir Mahmud Kota Cimahi. Tujuan mudik gratis lebaran tahun ini masih sama seperti tahun sebelumnya.

Yakni dari Kota Cimahi menuju Solo via Yogyakarta jalur selatan dan dari Kota Cimahi menuju Semarang via Cirebon jalur utara. Mereka akan diberangkatkan 21 Mei mendatang. Namun sebelum berangkat, masyarakat yang terakomodir harus melakukan proses daftar ulang yang berlangsung 4-15 Mei 2020.

"Bagi yang batal berangkat agar melakukan pemberitahuan, sehingga kuotanya bisa diisi oleh warga lain yang belum terdaftar," jelas Ranto.

Dikatakan Ranto, animo masyarakat Kota Cimahi dalam mengikuti program mudik gratis semakin meningkat setiap tahunnya. Program layanan tersebut dimulai tahun 2017. Animo itulah yang membuat kuota mudik gratis habis hanya dalam dua hari.

"Kemungkinan karena masyarakat sudah ikut layanan tahun sebelumnya, juga masyarakat khawatir tidak kebagian tiket moda transportasi umum karena biasanya banyak pesaing dan terbatas," ungkapnya.

Bagi masyarakat yang tidak terakomidir program mudik gratis di Kota Cimahi, lanjut Ranto, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat untuk bisa menampung warga yang belum terakomodir.

Ia menerangkan, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat sudah memberikan formulir untuk pendaftaran mudik gratis tingkat Provinsi. "Tadi belum dikasih kuota, karena Dishub Provinsi Jabar baru membuka pendaftaran nanti tanggal 20 Maret 2020 mendatang," jelasnya.

Tahun ini, Dinas Perhubungan Kota Cimahi hanya menyediakan 13 armada bus untuk mengangkut 750 penumpang. Anggaran yang dikucurkan untuk program mudik gratis tersebut mencapai Rp185.250.000, dimana alokasi per unitnya mencapai Rp4.750.000.

"Alokasi per busnya selama 3 hari x Rp4.750.000=14.250.000 per bus," tandas Ranto. 

Baca Lainnya