Jumat, 9 Desember 2022 18:53

Tiga Gerai Petani Milenial Resmi Dibuka

Reporter : Iman Nurdin
Peresmian tiga Gerai Petani Milenial di Mal Cihampelas, Jumat (9/12/2022)
Peresmian tiga Gerai Petani Milenial di Mal Cihampelas, Jumat (9/12/2022) [Iman Nurdin]

Limawaktu.id,-  Produk petani milenial kini bisa dijajakan dan dikonsumsi melalui gerai Petani Milenial, di mal Cihampelas, Bandung. Tidak hanya itu, gerai tersebut ada pula di Stasiun Kereta Api, dan Botani Sequere, Bogor, Jabar.

Menurut Kadis Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat, Iendra Sofyan, peresmian Gerai Petani Milenial ini  membuat produk petani milenial bisa dipajang dan didistribusikan.

"Memang tidak semua produk petani milenial ini bisa masuk ke gerai, karena harus melalui kurasi yang ketat, " ujar Iendra pada peresmian Gerai Petani Milenial, di Malam Cihampelas, Bandung, Jumat (9/12/2022).

Kurasi tersebut, kata Iendra, dilakukan melalui proses quality control (QC) dari tim kurasi dari Asosiasi Pedagang Ritel Indonesia (Aprindo). Kurasi tersebut untuk menghasilkan produk petani yang siap dikonsumsi.

"Dari sisi kualitas, produk tidak hanya bentuk foto tapi langsung tim kurasi mewawancarai petani milenial tentang bahan baku, proses produksi sampai bisa enak seperti ini," papar Iendra.

Sementara itu, Komisi II DPRD Jabar, Yunandar Eka Perwira menegaskan pentingnya program petani milenial ini didukung. Hal ini bentuk kaderisasi dari petani yang sudah mulai menurun.

"Tren di negara-negara maju, petani ini mulai menurun. Tetapi program ini diharapkan menjadi kaderisasi petani, " kata dia.

Sejak dimulai 2019, lanjut dia, program Petani Milenial sudah membuahkan para petani baru.  Dia berharap prgram ini terus berlanjut, termasuk penganggaran.

"Kita berharap bukan hanya puluhan, ratusan malah ratusan ribu petani milenial terbentuk, " kata Yunandar.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer