Jumat, 24 Mei 2019 14:22

THR PNS Cimahi Cair, Tunjangan Kinerjanya Kapan?

Reporter : Fery Bangkit 
Aparatur Sipil Negara (ASN) Cimahi.
Aparatur Sipil Negara (ASN) Cimahi. [ferybangkit]

Limawaktu.id - Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Cimahi memastikan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Cimahi sudah dicairkan, Jumat (24/5/2019).

"Untuk THR sudah dicairkan, berikut tunjangan keluarga, tunjangan struktural," terang Kepala BPKAD Kota Cimahi, Achmad Nuryana saat dihubungi via sambungan telepon pada Jumat (24/5/2019).

Baca Juga : PNS Dapat THR, Honorer Guru RA Dapat Pahala

Di Kota Cimahi, tercatat ada sekitar 5.000 PNS yang mendapatkan THR. Untuk pencairan THR itu, Pemerintah Kota Cimahi menggelontorkan anggaran sekitar Rp 23 miliar. 

Tapi, para abdi negara itu harus bersabar. Sebab, pencairan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) belum bisa dicairkan. Pemberian THR dan TKD itu diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2019 tentang THR.

Baca Juga : Alhamdulillah, CPNS Cimahi juga Dapat THR, ini Besarannya!

"Itu terdiri dari gaji, gaji pokok tunjangan keluarga, tunjangan struktural dan tukin (tunjangan kinerja)," kata Achmad.

Kemungkinan, kata Achmad, TKD itu baru bisa dicairkan pekan depan. BPKAD Kota Cimahi masih melakukan proses administrasi, seperti penghitungan pajak dan sebagainya. 

Baca Juga : PNS di Cimahi Dapat Guyuran THR, Kalau THL Bagaimana?

"Minggu depan sebelum cuti bersama. Kan ada perhitungan pajak, harus dihitung secara akurat," kata Achmad.

Khusus pemberian gaji TKD ini, pihaknya sudah menyiapkan anggaran sekitar 16 miliar. Besaran TKD per sendiri PNS itu berbeda, tergantung penilaian yang dilakukan Badan Pengelola Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Daerah (BPKSDMD) Kota Cimahi terhadap para PNS. 

"Sekitar Rp 16 miliar plus pajak," ucapnya.

Kondisi terbalik harus dialami Para Tenaga Harian Lepas (THL) atau Non Pegawai Negeri Sipil (Non-PNS). Jika PNS mendapat THR serta bakal mendapat tunjangan kinerja, para THL dipastikan tak akan mendapat bonus lebaran.

"Sesuai pernyataan Menpan, tidak mendapatkan tunjangan (THR) yang diatur di PP," ujar Kepala BPKSDMD Kota Cimahi, Ahmad Saefulloh.

Menurut catatan BPKSDMD, jumlah THL atau pegawai Non PNS di lingkungan Pemkot Cimahi mencapai 2.300 lebih. 

M Anwar, salah seorang THL di lingkungan Pemkot Cimahi menuturkan, ia sangat berharap sekali mendapatkan THR atau semacam honor tambahan jelang lebaran tahun ini. Sebab, uang tambahan itu sangat berarti bagi pegawai Non PNS sepertinya.

"Iya harapan mah pasti dapat honor tambahan, lumayan buat kebutuhan keluarga," tuturnya.

Baca Lainnya