Senin, 29 November 2021 14:46

Tertunda Dua Tahun, Pembangunan Fisik Ekowisata Cimenteng Dimulai

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Setelah hampir dua tahun tertunda, pembangunan fisik  Ekowisata Cimenteng di RW 12 Kelurahan Cipageran Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi akhirnya bisa dimulai akhir tahun ini. Hal itu dijelaskan Kepala Disbudparpora Kota Cimahi Budi Raharja, saat pelaksanaan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Ekowisata Cimenteng, pada Senin (29/11/2021).

Menurut Budi, awalnya pembangunan Ekowisata ini direncanakan pada 2019 lalu, namun karena berbagai kendala, akhirnya pembangunan fisiknya baru bisa dilaksanakan pada akhir tahun ini dengan dana sekitar Rp5 Miliar dari dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Provinsi Jawa Barat tahun anggaran 2021.

“Pada tahun ini pembangunan fisik baru dilaksanakan sekitar 60 persen dari rencana yang akan dilakukan, dengan anggaran yang dialokasikan sebesar Rp3,1 Miliar,” sebutnya.

Dikatakan Budi pada tahun depan, akan dilakukan penyelesaian pembangunan fisik Ekowisata Cimenteng ini, sehingga ada pembangunan lanjutan agar bisa mencapai 100 persen.

“Pembangunan Ekowosata Cimenteng dilakukan untuk pelestarian alam dan budaya serta pengembangan pariwisata di Kota Cimahi,” jelasnya.

Pelaksana Proyek pembangunan Ekowisata Cimenteng Asep mengatakan,  hingga saat ini pembangunan  baru dilaksanakan sekitar 16 persen dari rencana, dengan waktu yang ditetapkan selama 45 hari kerja hingga 30 Desember 2021.

“Sampai hari ini pembangunan baru dilaksanakan sekitar 16 persen,” paparnya.

Sementara, Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana meminta agar pembangunan Ekowisata Cimenteng ini dapat tepat waktu dan tepat sasaran agar tujuan pembangunan untuk pelestarian budaya dan peningkatan kepariwisataan di Kota Cimahi bisa diwujudkan, sehingga memberikan dampak positif bagi warga sekitar dan Kota Cimahi dalam peningkatan ekonomi masyarakat.

Dia menyebutkan, Ekowisata Cimenteng dibangun diatas lahan milik Pemkot Cimahi seluas 6000 meter persegi. Nantinya akan ada beberapa fasilitas seperti pendopo, mushala, food court, arena bermain anak-anak dan fasilitas lain, sehingga akan menjadi daya tarik bagi wisatawan dari Cimahi maupun daerah lainnya.

“Mudah-mudahan pembangunan Ekowisata ini bisa bermanfaat bagi pemerintah dan masyarakat Kota Cimahi,” pungkasnya.

 

  

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer