Kamis, 26 Juli 2018 18:34

Tertibkan PKL, Satpol PP Kota Cimahi Kerahkan Kekuatan Berlapis

Reporter : Fery Bangkit 
Satpol PP Kota Cimahi Menertibkan Pedangan Kaki Lika (PKL).
Satpol PP Kota Cimahi Menertibkan Pedangan Kaki Lika (PKL). [Limawaktu]

Limawaktu.id - Satpol PP Kota Cimahi semakin gencar menertibkan Pedagang Kaki Lima (PKL) bandel yang kerap berjualan di zona merah Kota Cimahi.

Seperti yang terpantau di Jalan Amir Machmud tepatnya didepan Rumah Sakit Umum Daerah Cibabat dan Rumah Sakit Mitra Kasih, pada Kamis (26/7/2018), Satpol PP Kota Cimahi harus menurunkan petugasnya untuk menertibkan para pelanggar. Tercatat ada 30 petugas yang dibagi ke dalam dua regu yang diterjunkan.

Biasanya, saat penertiban maupun patroli rutin, Satpol PP hanya menurunkan satu regu yang berjumlah 15 personel dan tidak pernah melibatkan Tenaga Harian Lepas (THL), tetapi saat ini THL pun harus dilibatkan.

Pelaksana Tugas (Plt) Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi, Dadan Darmawan, mengatakan diturunkannya personel lebih banyak tersebut, karena selain bertambahnya PKL bandel, juga para PKL kerap kucing-kucingan dengan petugas saat hendak ditertibkan.

"Betul setiap penertiban sekarang ini kita turunkan lebih banyak personel agar intensitas patroli dan penertiban PKL bisa lebih efektif. Biasanya hanya satu regu sekarang menjadi dua regu," ujar Dadan saat ditemui di Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi, Kamis (26/7/2018).

Meski sudah diturunkan lebih banyak personel, Dadan tak menampik hasil dari penertiban para PKL tersebut masih belum maksimal karena PKL kerap mencari tempat persembunyian saat Satpol PP melakukan penertiban.

"Seperti PKL di depan RSUD Cibabat tadi. Jadi kita saat ini sudah koordinasi dengan pihak rumah sakit untuk memantau gerak-gerik PKL, tapi tetap saja susah," katanya.

Atas hal tersebut, lanjut Dadan, saat ini para PKL bandel yang kerap berjualan di depan RSUD Cibabat tepatnya di trotoar jalan, paling sering dilakukan pemantauan.

Pihaknya tak menampik, jika dilibatkannya banyak personel itu lantaran Satpol PP Kota Cimahi kewalahan karena PKL bandel lebih banyak dibandingan jumlah petugas Satpol PP yang dilapangan.

"Karena personel harus bagi tugas, ada yang piket dikantor. Jadi petugas yang kelapangan hanya sedikit tapi saat ini kita turunkan yang piket dikantor untuk penertiban," katanya.

Saat ini, kata Dadan, dalam setiap penertiban PKL pihaknya harus menerjunkan dua truk personel yang disebar ke sejumlah wilayah Kota Cimahi. Hasilnya PKL bandel yang tertangkap tangan pun bisa bertambah.

"Tapi tetap ada PKL yang berhasil kabur, memang untuk menyelesaikan masalah ini susah. Untuk PKL yang tertangkap tangan kita langsung sidang tindak pidana ringan (tipiring)," tandas Dadan.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer