Sabtu, 11 Juni 2022 10:05

Terobosan Afkot Cimahi Kembangkan Olahraga Futsal

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Ada semangat yang menggebu diperlihatkan pengurus  Asosiasi futsal Kota (Afkot) Cimahi sejak dilakukan pelantikan beberapa waktu lalu. Lewat berbagai program dan even yang akan digulirkan, organisasi pembinaan futsal pimpinan Asep Sutiesna ini akan melakukan berbagai terobosan dalam mengembangkan olahraga futsal di Kota Cimahi.

Dalam Program Bincang Santai Forum Wartawan Cimahi, Ketua Afkot yang juga Sekretaris Komisi II DPRD Kota Cimahi ASep Sutiesna  ini mengungkapkan beberapa terrobosan yang akan dilakukan oleh Afkot Cimahi.

“Kita akan mulai benahi ditingkat akar rumput yaitu pembenahan pada klub yang tergabung di Afkot Cimahi, baik administrasi, manajeman, keuangan  hingga pelatihan yang dilakukan oleh para klub,” ungkapnya, Jum’at (10/6/2022).

Pembenahan klub merupakan salah satu pijakan awal dalam  membangun klub yang profesional. Jika klub bagus maka akan bisa digelar Liga profesional. Sebuah hal yang baik jika klub diperhatikan dan  dibimbing, sehingga akan elahirkan bibit atket lokal yang berkualitas.

“kita juha harusm menanamkan nilai sportifitas dikalangan para pemuda yang menjadi  atlet futsal serta melakukan bernagai penataan untuk mengarah pada digelarnya liga

Afkot akan usahakan mengundang investor dan donator yang mau mebiayai kegiatan liga . Pada Juli ini akan digelar liga antar pelajar SMA Wali Kota Cimahi Cup, yang nantinya aka nada kolaborasi antara dunia olahraga dan ekonomi dengan mebangkitkan pelaku UMKM ikut partsiapasi di kegiatan liga pelajar.

“Di Liga pelajar nanti akan mengundang semua sekolah yang ada di Cimahi termasuk pesantren, dalam rangka Memperingati HUT RI,: katanya.

Rak hanya dengan turnamen, pembinaan juga harus dibarengi dengan sertifikasi wasit dan pelatih  dari berbagai tingkatan untuk mendukung pengembangan olahraga Futsal di Cimahi.

“Ternyata kita memiliki bibit unggul yang sudah berprestasi  tingkat nasional, baik wasit, pelatih maupun pemain. Sayangnya yang berpotensi ini malah keluar Kota Cimahi  bukan membela nama baik kotanya, karean alasan ingin ingin mendapatkan penghasilan   yang lebih,  bisa juga karena kurang terakomodir di Cimahi. Makanya harus dilakukan pembinaan di sini,” jelasnya.

Sementara, dalam menghadapi Porprov Jabar Oktober mendatang, Afkot Cimahi sudah  merektrut atlet potensial yang udah lolos seleksi dan akan dibawa ke porprov setelah melalui babak kulaifikasi, mereka  direkomendasikan untuk ikut porprov, jika ada tambal sulam itu  hal biasa.

“Merka yang sudah membel Cimahi saat BK akan dipertahankan di porprov. Kita juga mesti berbangga karena , hanya 12 dari 27 kab/kota yang lolos BK termasuk Kota Cimahi. Jadi kadung lolos ke BK, sehingga kami bertekad  untuk meraih gelar juara. Taget emas jadi tujuan utama, jadi meraih emas harga mati. Mneurut kami di Porporov nanti ada dua pilihan apakah  hanya jadi partisipan atau juara, karena kalau cuma partisipan sangat disayangka karena pembinaan atlet menggunakan dana APBD makanya harus bertekad untuk meraih medali emas, yang akan kita  perjuangkan bersama,” pungkasnya.

 

 

 

Baca Lainnya

Topik Populer