Rabu, 24 Juli 2019 12:13

Ternyata Rumah Jagal Hewan Cimahi Masuk Verifikasi Cagar Budaya

Penulis : Fery Bangkit 
Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Di Jalan Sukimun, RT 03/04 Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi.
Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Di Jalan Sukimun, RT 03/04 Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi. [ferybangkit]

Limawaktu.id - Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Cimahi sudah didaftarkan dalam cagar budaya nasional. Bahkan, sudah diverifikasi tim dari Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan (Kemendikbud) RI.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudpar) Kota Cimahi, Budi Raharja saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Rabu (24/7/2019).

"RPH itu salah satu bangunan heritage yang kita daftarkan jadi cagar budaya. Sekarang sudah masuk tahap verifikasi," ujar Budi.

Dikatakan Budi, setelah lolos verifikasi, lantas tidak akan langsung dijadikan sebagai cagar budaya. Sebab, harus melalui tahapan kajian Tim Ahli Cagar Budaya (TACB), yang kemudian ditindaklanjuti dengan penetapan Wali Kota Cimahi.

Kemudian Surat Keputusan (SK) cagar budaya dari Wali Kota Cimahi itu dikirim ke pemerintah pusat untuk dilakukan registrasi sebagai cagar budaya. "Jadi ada 4 tahap, dari mulai pendaftaran, verifikasi, kajian TACB dan penetapan nanti baru keluar nomor SK cagar budaya," jelasnya.

Terpisah, Wakil Wali Kota Cimahi, Ngatiyana menegaskan, pihaknya terus berkomitmen untuk mempertahankan bangunan bersejarah di Kota Cimahi. Salah satunya mendaftarkan sebagai cagar budaya.

"Kan RPH itu bangunan bersejarah. Harus kita pertahankan sebagai cagar budaya," ucapnya.

Rumah jagal hewan bersejarah itu dibangun sejak zaman Belanda, dan mulai terbengkalai sejak tahun 1990. Bahkan, bangunan yang sudah nampak lapuk itu sudah tidak berfungsi sejak tahun 2002.

Kemudian tahun 2011 pengelolaan aset RPH diserahkan kepada Perusahaan Daerah Jati Mandiri (PDJM) melalui Peraturan Daerah (Perda) Kota Cimahi Nomor 12 Tahun 2011 tentang Penyertaan Modal Daerah pada PDJM. Tahun ini, asetnya sudah dikembalikan ke Pemkot Cimahi melalui revisi Perda Kota Cimahi Nomor 17 Tahun 2018.

Artinya, sekarang Pemkot Cimahi sudah berhak mengelola kembali aset RPH yang mencapai 3.910 meter persegi, dengan luas rumah bekas pegawainya mencapai 1.020 meter persegi.

Baca Lainnya