Kamis, 19 Oktober 2017 18:44

Tendi Penderita Cacat Usus Mendapat Perawatan Medis

Reporter : Yulie Kusnawati
Tendi (7) bersama kedua orangtua dan adiknya sebelum masuk ke rumah sakit.
Tendi (7) bersama kedua orangtua dan adiknya sebelum masuk ke rumah sakit. [Limawaktu]

Limawaktu.id, - Tendi (7) penderita cacat di bagian usus akan segera dioperasi jumat esok (20/10).

Manajer Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) Sabilulungan Nia Nindhiawati membenarkan, pasien yang beralamat di Kampung Bojongjambu RT.04 RW.01 Desa Panenjoan, Kecamatan Cicalengka tersebut saat ini telah mendapatkan perawatan khusus di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung dan akan segera dilakukan tindakan operasi.

"Rencananya kalau kondisi memungkinkan, jumat besok akan dilakukan operasi, dan saat ini Tendi sudah masuk ruangan rawat inap,"ungkap Nia saat memberikan keterangannya, Rabu (19/10).

Nia menjelaskan, keberadaan Tendi beserta orang tua di Desa Panenjoan Kecamatan Rancaekek tersebut baru 2 bulan, yakni di rumah neneknya. Lalu kata Dia, berpindah dari Kec.Rancaekek ke Cicalengka. Berkat kerja sabilulungan SLRT, Dinas Kesehatan, UPT Cicalengka dan tim dokter RSHS lanjutnya, penanganan kasus Tendi sudah bisa terselesaikan.

"Tendi baru 2 bulan di Cicalengka, itupun tinggal di rumah neneknya. Sekarang sudah dibuatkan kepindahan K.K nya dari Rancaekek ke Cicalengka untuk keperluan BPJS Mandiri ke BPJS yang dibiayai Pemerintah," jelasnya.

Dia menambahkan, sejak Rabu lalu, Tendi sudah berada di RSHS untuk di cek kesehatannya dan persiapan operasi kedua yang direncanakan pada Jum'at besok. "Rabu kemarin Tendi sudah berada di RSHS, diantar oleh Kades dan fasilitator SLRT. Lalu dirawat di ruangan lantai 2 Ruangan 201 Bed 8," imbuhnya.

Sementara Kepala Unit Pelayanan Teknis Pelayanan Kesehatan Cicalengka drg. Endang mengatakan, bahwa operasi Pertama di RSHS sudah difasilitasi oleh Uptd Yankes dan dibantu pembiayaanya.

"Bahwa Tendi seolah olah ususnya berada diluar sejak lahir, padahal itu sengaja dikeluarkan dulu oleh Tim Dokter RSHS, karena Tendi mengalami Hirschsprung desease atau penyumbatan usus besar. Operasi pertama dilakukan untuk mengeluarkan sumbatan dan agar aktivitas ususnya normal dulu, dan sekarang pada penanganan operasi kedua akan dimasukan kembali kedalam perutnya, dengan pembiayaan ditanggung BPJS ," pungkasnya. (lie)*